JAKARTA - Partai Golkar tidak sepakat Politikus senior PAN Amien Rais dipolisikan terkait ucapan partai setan dan partai Allah. Bagi Golkar, pernyataan politik tidak semestinya diseret ke ranah hukum. Walaupun pernyataan Amien dianggap tendensius, Golkar tetap tidak sepakat apabila Ketua Dewan Kehormatan PAN itu dilaporkan.

"Perbedaan pandangan politik dengan membawa ke ranah hukum sangatlah berlebihan," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily, Senin (16/4/2018).  "Kami sangatlah tidak sependapat jika pernyataan politik sekalipun tajam dan menohok diselesaikan melalui proses hukum," ujar Ace.

Meskipun demikian, Golkar meminta Amien mengambil hikmah atas pernyataannya. Bagi Ace, kritik bisa saja, asal menggunakan data serta tidak menyebarkan kebencian ke khalayak publik. "Kepada siapa pun elite politik tetap harus menjaga tutur kata. Harus mampu membedakan mana kritik, celaan, nyinyir dan ujaran kebencian. Setiap pernyataan kita pasti akan dinilai masyarakat. Kata-kata kita akan memiliki konsekuensinya," ujar Wakil Ketua Komisi Agama DPR itu.

Sebelumnya, Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi melaporkan Amien ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/2070/IV/2018/PMJ/Ditreskrimsus. Dia melaporkan Amien dengan tuduhan tindakan pidana ujaran kebencian SARA serta penodaan agama lewat media sosial. Seperti pasal 28 ayat 2, UU ITE, dan atau pasal 156 a KUHP.