Aplikasi Mobile JKN permudah peserta JKN mengakses layanan kesehatan

BREAKINGNEWS : Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi BPJS Kesehatan yang hingga saat ini telah banyak membantu peserta JKN dalam mengakses beragam fitur pelayanan kesehatan. Melalui aplikasi ANTARA News makassar daerah ...

Aplikasi Mobile JKN permudah peserta JKN mengakses layanan kesehatan
image
Makassar (ANTARA) - Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi BPJS Kesehatan yang hingga saat ini telah banyak membantu peserta JKN dalam mengakses beragam fitur pelayanan kesehatan.

Melalui aplikasi BPJS Kesehatan ini, pengguna bisa memanfaatkan banyak fasilitas dan fitur yang ditawarkan antara lain mengecek iuran, mengurus pindah fasilitas kesehatan (faskes), pendaftaran online, pendaftaran peserta, premi (untuk mandiri), lokasi faskes, skrining hingga pengaduan keluhan.

Salah seorang peserta JKN segmen PBI APBD, Kasma menuturkan pengalamannya menggunakan apikasi Mobile JKN dengan kemudahan yang diperolehnya khususnya saat mengakses pelayanan fasilitas kesehatan yang kerjasama dengan BPJS Kesehatan cukup lewat handphone.

“Meski JKN bantuan pemerintah, tetap saja bisa mengakses antrian online saat mau berobat di puskesmas. Sudah setahun ini setiap mau berobat pasti ambil nomor antriannya melalui Mobile JKN,” kata Kasma ketika memberikan testimoni terkait penggunaan Mobile JKN, pada Jumat (30/9).

Kasma mengungkapkan kemudahan digitalisasi yang dihadirkan dalam aplikasi Mobile JKN lewat fitur antrian online ini menghemat waktu tunggu dan lebih tepat menginformasikan kebutuhan tatap muka dengan dokter yang dapat diketahui jam prakteknya tanpa harus datang terlebih dahulu difasilitas kesehatan tersebut.

“Yang penting ada kuotanya semua sudah bisa diakses lewat handphone. Mau berkunjung ke dokter apa dan jam berapa dokternya mulai praktek, bisa dilihat pada aplikasi Mobile JKN ini. Lebih praktis tidak lagi setor-setor kartu fisik karena sudah ada kartu digitalnya cukup diperlihatkan saat berobat,” lanjutnya.

“Mobile JKN ini gampang dipahami penggunaannya, tidak perlu khawatir segaptek apa dijaman sekarang ini mana ada lagi masyarakat yang tidak gunakan handphone berinternet minimal android,” tegas Kasma.

Dia menyarankan agar masyarakat lebih memanfaatkan perkembangan digitalisasi saat ini, tentunya untuk menghemat waktu dan jarak tempuh apabila akan mengakses fasilitas pelayanan kesehatan Program JKN.

“Tidak perlu repot lagi bolak balik karena keterbatasan jam praktek dokter yang tidak terinformasi dengan baik, sekarang sudah bisa dicek melalui handphone saja. JKN sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat akan sarana fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai,” tutup Kasma.  

Sedangkan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Greisthy EL Borotoding mengatakan BPJS Kesehatan senantiasa menghadirkan inovasi layanan agar dapat memberikan banyak kemudahan bagi peserta JKN.

“Diharapkan melalui inovasi layanan digitalisasi ini akan semakin memudahkan masyarakat mengakses pelayanan kesehatan Program JKN, cukup melalui selulernya agar waktu tunggu menjadi singkat serta daya aksesnya menjadi lebih luas,” ujar Greisthy.

Greisthy menambahkan dengan antrian online pada aplikasi Mobile JKN ini peserta akan lebih nyaman dalam memperoleh layanan kesehatan. Hal ini juga bermanfaat bagi fasilitas kesehatan karena mengurangi penumpukan peserta di fasilitas kesehatan. (*/Inf)