Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencari iPhone yang Hilang

Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencari iPhone yang Hilang

Pengguna iPhone dapat melacak perangkat yang hilang atau dicuri menggunakan jaringan Find My, tetapi ada juga cara untuk menemukan iPhone jika perangkat tersebut telah dimatikan atau tidak terhubung. Jaringan Find My dari Apple memungkinkan pengguna melacak perangkat lain seperti iPad, Mac, Apple Watch, AirPods, AirTags, dan lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi Find My atau masuk ke iCloud melalui browser web, pengguna dapat melihat lokasi perangkat mereka, memutar suara untuk membantu menemukannya, dan bahkan menghapusnya secara jarak jika perangkat tidak dapat dipulihkan.

Apple mengambil langkah lebih lanjut dengan jaringan Find My dengan memungkinkan beberapa model iPhone tertentu menampilkan lokasinya bahkan saat dimatikan atau tidak terhubung. Ini sangat berguna ketika seseorang kehilangan iPhone yang baterainya habis, atau jika iPhone mereka dicuri dan dimatikan atau dimasukkan ke dalam mode Pesawat.

Dilansir dari https://jvsgroup.id, penting untuk dicatat bahwa fitur ini hanya dapat digunakan jika diaktifkan pada iPhone sebelum perangkat tersebut hilang, karena tidak ada cara untuk melacak iPhone tanpa Fitur Find My yang diaktifkan.

Menemukan iPhone yang Mati

Untuk mengatur Find My, buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan klik nama pengguna di bagian atas. Ketuk 'Find My' dan kemudian 'Find My iPhone'. Aktifkan tombol di sebelah 'Find My iPhone,' 'Find My Network,' dan 'Send Last Location'. Opsi Find My Network adalah fitur yang memungkinkan pengguna melacak lokasi iPhone mereka saat dimatikan.

Setelah opsi-opsi ini diaktifkan, pengguna akan melihat banner saat mematikan iPhone mereka yang bertuliskan 'iPhone Dapat Ditemukan Setelah Dimatikan'. iPhone kemudian akan terlihat di Find My pada perangkat Apple pengguna lainnya, serta oleh mereka yang telah dipilih oleh pengguna untuk berbagi lokasi melalui Fitur Berbagi Keluarga (Family Sharing).

Untuk melacak iPhone yang dimatikan, buka aplikasi Find My pada perangkat Apple lainnya, seperti Mac, iPad, atau iPhone lain. Peta akan muncul yang menampilkan lokasi iPhone, dan pengguna dapat mendapatkan petunjuk arah ke perangkat tersebut. Kemampuan untuk melacak iPhone yang tidak terhubung hanya tersedia pada model-model yang mendukung Ultra Wideband.

Ini termasuk iPhone 11 dan model-model yang lebih baru, tetapi tidak termasuk iPhone SE. Penting untuk dicatat bahwa pengguna hanya dapat melacak iPhone selama maksimal 24 jam setelah dimatikan, atau hingga lima jam saat dalam mode cadangan daya (power reserve).

Setting Mode Hilang iPhone

Jika iPhone tidak dapat ditemukan di peta Find My, ada baiknya untuk mengatur Mode Hilang yang dapat membantu orang lain menghubungi pemiliknya. Untuk melakukannya, buka aplikasi Find My di perangkat Apple lainnya (atau masuk ke iCloud melalui browser) dan pilih iPhone di tab 'Devices'.

Gulir ke bawah hingga 'Mark As Lost' dan ketuk 'Activate'. Jika iPhone tidak memiliki kode sandi yang diaktifkan, akan ada opsi untuk membuat satu. Pengguna kemudian perlu memasukkan informasi kontak dan pesan yang ingin ditampilkan di layar kunci. Ketuk 'Activate' lagi untuk mengaktifkan Mode Hilang.

Jika iPhone sedang offline, akan muncul 'Pending' di sebelahnya di tab Devices pada peta Find My. Jika seseorang menemukan iPhone dan mengisi dayanya, pesan khusus akan ditampilkan di layar saat iPhone dihidupkan. Saat iPhone berada dalam Mode Hilang, tidak akan menampilkan atau mengeluarkan suara peringatan untuk pemberitahuan atau alarm.

Namun, panggilan telepon atau panggilan FaceTime masih bisa diterima. Setelah iPhone kembali terhubung, pengguna akan dapat melihat lokasinya di aplikasi Find My. Namun, Mode Hilang akan mencegah penemu iPhone untuk mengakses informasi apa pun yang tersimpan di perangkat tersebut.