Viral Pengemis Pura-pura Kaki Buntung Diamankan Warga Bekasi

video yang menampilkan modus pengemis pura-pura buntung viral di media sosial. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Bekasi, Jawa Barat

Viral Pengemis Pura-pura Kaki Buntung Diamankan Warga Bekasi
image
Bekasi -

Sebuah video yang menampilkan pengemis diduga bermodus kaki pura-pura buntung viral di media sosial (medsos). Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

Dilihat dalam video yang beredar, Selasa (18/10/2022), tampak seorang pria yang mengenakan kaus oranye duduk di jalanan. Ia dinarasikan sebagai pengemis. Sejumlah warga terlihat mengerubunginya.

Di awal video, kaki kanan pria itu tak terlihat. Namun ia kemudian memelorotkan celananya hingga kaki kanannya terlihat.

"Kakinya ada, kan? Jangan gitu, kerja yang benar," ujar salah seorang warga.

Dinarasikan peristiwa itu terjadi di sekitar Jalan Mayor Oking, Kota Bekasi.

"Modus baru pengemis, menekuk kakinya seolah-olah terlihat buntung untuk mendapatkan simpati orang," narasi dalam video itu.

Kasatpol PP Kota Bekasi Abi Hurairah angkat bicara. Ia menyebut pengemis tersebut diamankan warga.

"Itu diarak masyarakat dan sudah dilepas setelah dinasihati oleh warga sekitar," ujar Abi.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Kota Bekasi Ade Rahmat mengatakan pengemis itu tidak mangkal di satu titik. Ia kebetulan melewati Jalan Mayor Oking dan dipergoki warga yang curiga.

"(Pengemis) mencurigakan sehingga oleh warga disuruh berdiri dan ternyata modus. Pengemis tersebut tidak mangkal atau lewat lokasi tersebut secara rutin dan oleh Satpol pun tidak pernah terlihat mangkal di titik lain," imbuhnya.

(isa/jbr)