5 Manfaat Kombu untuk Kesehatan, Rumput Laut yang Jadi Bahan Kaldu Makanan Jepang

BREAKINGNEWS : Kombu dikenal memiliki kandungan mikronutrien yang sangat tinggi seperti yodium. Karena yodium sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan, kombu bisa menjadi sumber yang baik.

5 Manfaat Kombu untuk Kesehatan, Rumput Laut yang Jadi Bahan Kaldu Makanan Jepang
5 Manfaat Kombu untuk Kesehatan, Rumput Laut yang Jadi Bahan Kaldu Makanan Jepang Ilustrasi Kombu. draxe.com

Merdeka.com - Kombu adalah rumput laut yang dapat dimakan dan tergolong ke dalam kelompok rumput laut cokelat yang disebut laminariaceae. Kombu sering digunakan untuk membuat dashi, yaitu kaldu sup Jepang yang memiliki rasa umami yang lembut.

Kombu adalah salah satu dari tiga varietas rumput laut yang umum di Jepang dan biasanya ditanam di daerah Jepang dan Korea. Dan seperti kebanyakan rumput laut, kombu dianggap memiliki manfaat untuk tubuh dan baik untuk lingkungan.

taboola mid article

Kombu dikenal memiliki kandungan mikronutrien yang sangat tinggi seperti yodium. Karena yodium sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan, kombu bisa menjadi sumber yang baik. Namun, jangan konsumsi kombu dalam jumlah besar karena akan menyebabkan peningkatan kadar yodium dalam tubuh, sehingga memicu gangguan pada tubuh.

Selain yodium dan sodium, kombu juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin B5, dll. Vitamin-vitamin ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap nilai asupan harian.

Berikut ini, kami sampaikan apa saja manfaat kombu bagi kesehatan yang dilansir

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Pencernaan

Manfaat kombu yang pertama adalah untuk meningkatkan pencernaan. Kombu mengandung asam amino tertentu yang dapat membantu memecah pati berat yang ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan. Hal ini memungkinkan nutrisi ini untuk dicerna lebih mudah. Asam glutamat yang ditemukan dalam rumput laut memberikan rasa gurih, sementara seratnya membantu pencernaan secara keseluruhan.

Kombu juga mampu meminimalkan efek penghasil gas yang mungkin dimiliki kacang. Bagi mereka yang mengalami gas usus, seringkali karena enzim yang hilang diperlukan untuk memecah gula raffinose yang ditemukan dalam kacang. Bakteri di usus menyukai gula ini, dan akan melepaskan hidrogen dan karbon dioksida.

Berpotensi Mencegah Kanker

Manfaat kombu yang kedua yaitu untuk mencegah kanker. Sayuran laut dinilai menawarkan manfaat untuk pencegahan kanker. Kita tahu bahwa peradangan dan stres oksidatif kronis merupakan faktor risiko perkembangan kanker, dan karena kombu diketahui memberikan manfaat anti-inflamasi, para ilmuwan meneliti sayuran laut sebagai makanan pelawan kanker.

Mengonsumsi sayuran laut seperti kombu dapat memengaruhi siklus menstruasi normal wanita, memengaruhi total sekresi estrogen kumulatif yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Terlalu banyak estrogen dapat menempatkan wanita pada risiko kanker payudara yang tinggi, namun kombu dianggap menawarkan beberapa manfaat, seperti menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

3 dari 4 halaman

Membantu Mencegah Anemia

Manfaat kombu yang ketiga adalah untuk membantu mencegah anemia. Zat besi memainkan peran penting dalam fungsi tubuh karena perannya untuk memproduksi hemoglobin.

Manfaat kombu dinilai dapat memberikan zat besi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi adalah gangguan umum dan terjadi karena kurangnya sel darah merah yang sehat. Komponen yang hilang menyebabkan tubuh kekurangan produksi hemoglobin.

Jika Anda kekurangan zat besi atau kehabisan persediaannya, Anda mungkin akan merasa lelah dan sesak napas. Orang yang paling berisiko adalah wanita yang sedang menstruasi, sedang hamil atau menyusui, yang baru menjalani operasi besar, vegan dan vegetarian, atau seseorang yang menderita kolitis ulserativa. Untungnya, kandungan zat besi dalam sayuran laut, seperti kombu, membantu mencegah kekurangan zat besi dan gejala anemia.

Meningkatkan Fungsi Tiroid

Manfaat kombu keempat adalah untuk tingkatkan fungsi tiroid. Kombu menjadi jenis rumput laut yang mengandung jumlah yodium tertinggi. Yodium merupakan nutrisi penting dalam diet untuk produksi hormon yang sehat dan tiroid yang berfungsi baik. Bahkan dapat membantu siapa saja untuk mengatasi hipotiroidisme.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Thyroid Research, yodium sangat penting untuk sintesis hormon tiroid dan diyakini memberikan antioksidan yang bahkan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Rumput laut memiliki kemampuan untuk menyerap garam alami yang ditemukan di laut.

4 dari 4 halaman

Memerangi Rheumatoid Arthritis

ilustrasi kombu

myconsciouseating.com

Manfaat kombu yang terakhir adalah untuk membantu mengatasi rheumatoid arthritis. Kombu mengandung fucoidan, yang merupakan polisakarida sulfat yang ditemukan di berbagai spesies ganggang cokelat dan rumput laut cokelat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Afiliasi dari Departemen Urusan Medis Universitas Changchun Pengobatan Tradisional Tiongkok menyelidiki efek kombu terhadap rheumatoid arthritis dengan mengevaluasi proses invasi sel rumput laut.

Dan hasilnya, sel-sel radang penyebab radang sendi secara signifikan terganggu oleh pengobatan fucoidan, sehingga mengurangi kelangsungan hidup sel-sel jahat. Oleh karena itu, para peneliti percaya ini adalah pengobatan yang potensial untuk gejala rheumatoid arthritis.

[ank]