Pemerintah Targetkan 60 Persen Produksi Alat Kesehatan Menggunakan Komponen Lokal

BREAKINGNEWS : Pemerintah meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran perdana alat kesehatan elektromedik produksi dalam negeri di kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, sabtu (27/8/2022)

Pemerintah Targetkan 60 Persen Produksi Alat Kesehatan Menggunakan Komponen Lokal
image

Kendal, Jawa Tengah - Pemerintah meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran perdana alat kesehatan elektromedik produksi dalam negeri di kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, sabtu (27/8/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengatakan sektor farmasi dan alat kesehatan merupakan bagian dari pilar ketiga transformasi kesehatan yaitu ketahanan sistem kesehatan yang salah satu fokusnya adalah, mendorong pengembangan alat kesehatan produksi dalam negeri, guna mengurangi ketergantungan produk kesehatan impor.

"Pak Presiden minta, yuk kita lakukan reformasi di bidang kesehatan. Ada 6 pilar yang mau kita reformasi, yang pilar ketiga adalah tranformasi dari ketahanan kesehatan," kata Budi Gunadi Sadikin.

Budi mengatakan belajar dari pandemi Covid-19 lalu, pemerintah tidak lagi ingin bergantung kepada luar negeri. Menkes menargetkan 60 persen produksi alat kesehatan dalam negeri menggunakan komponen lokal.

"Karena kalau kayak kemarin lockdown kita susah tuh. Jadi kita melakukan tranformasi dari sistem ketahanan kesehatan pakai sistem risiliensi. Semua produk alat kesehatan, obat-obatan, vaksin itu kita ingin 50 sampai 60 persen dari hulu ke hilir diproduksi di dalam negeri," katanya.