Cahaya Biru pada Smartphone Membahayakan Kesehatan

BREAKINGNEWS : Cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget seperti smartphone telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari obesitas hingga masalah psikologis.

Cahaya Biru pada Smartphone Membahayakan Kesehatan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 09:31 WIB

VIVA Tekno – Cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget seperti smartphone telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas hingga masalah psikologis. Daftar terbaru menyebut penuaan dini sebagai salah satu risikonya.

Ahli biologi integratif, Jadwiga Giebultowicz dari Oregon State University menjelaskan, paparan berlebihan terhadap cahaya biru dari perangkat sehari-hari, seperti TV, laptop, dan telepon mungkin memiliki efek merugikan pada berbagai sel di tubuh kita.

Baca Juga :

"Sel yang terkena cahaya biru terbentang dari sel kulit dan lemak sampai ke neuron sensorik. Studi kami menunjukkan bahwa menghindari paparan cahaya biru yang berlebihan mungkin merupakan strategi anti-penuaan yang baik," katanya.

Dalam penelitian mereka sebelumnya, Giebultowicz dan rekan-rekannya telah menunjukkan bahwa gen pelindung stres hidup saat lalat buah terkena cahaya. Sebaliknya, mereka yang disimpan dalam kegelapan tampak hidup lebih lama.

Bermain HP di tempat tidur

Bermain HP di tempat tidur

Giebultowicz mengatakan untuk memahami mengapa cahaya biru berenergi tinggi bertanggung jawab untuk mempercepat penuaan pada lalat buah, studi membandingkan tingkat metabolit pada lalat yang terpapar cahaya biru selama dua minggu dengan yang disimpan dalam kegelapan total.

Tim menemukan bahwa paparan cahaya biru mengubah tingkat metabolit dalam sel-sel kepala lalat buah, menurut situs Express, Rabu, 31 Agustus 2022.

Baca Juga :