Itinerary 2 Hari 1 Malam di Samosir – Danau Toba, Bisa ke Geopark Hingga Pantai

Orang-orang awam mungkin taunya traveling ke Samosir cuma bisa ke Danau Toba doang. Padahal, ada banyak destinasi wisata seru yang bisa lo kunjungi, Superfriends. Simak itinerary-nya di sini, yok!

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Samosir – Danau Toba, Bisa ke Geopark Hingga Pantai

Orang-orang awam mungkin taunya traveling ke Samosir, Sumatera Utara, cuma bisa ke Danau Toba aja. Padahal, ada banyak destinasi wisata seru yang bisa lo kunjungi, lho.

 

Berlokasi di tengah Danau Toba, Pulau Samosir punya beragam objek wisata alam yang mempesona, mulai dari geopark, air terjun, hingga pantai. Kalau lo berangkat dari Jakarta, lo nggak perlu lagi turun di Bandara Kualanamu, Medan, Cuy. Soalnya, udah banyak maskapai yang melayani penerbangan langsung ke Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Jaraknya pun cukup dekat dari Danau Toba, cuma sekitar 30 menit lewat perjalanan darat.

 

Tertarik mengekplorasi wisata alam di Pulau Samosir dan Danau Toba? Simak itinerary untuk dua hari dua malam berikut ini, Superfriends.

 

Itinerary Hari Pertama

1. Geopark Kaldera Toba Sigulatti

Geopark Kaldera Toba Sigulatti
Image: Google Maps/大仁偉

Petualangan lo di Samosir bisa dibuka dengan mengunjungi Geopark Kaldra Toba Sigulatti. Di sini, lo bisa belajar banyak tentang Danau Toba, mulai dari sejarah terbentuknya, geosite, hingga obyek wisata di sekitarnya. Selain itu, destinasi wisata ini juga dilengakpi dengan teater room, display, ruangan audiovisual, dan indoor videotron di sepanjang dindingnya.

 

Geopark Kaldera Toba Sigulatti ini berada di Sigulatti, Sianjur Mula-mula, sekitar 12 km dari pusat kota Panguruan.

 

2. Air Terjun Efrata

Jelang siang, paling enak mengunjungi destinasi wisata yang nyegerin nggak sih? Nah, salah satu rekomendasi tempat yang bisa lo kunjungi yaitu Air Terjun Efrata. Lokasinya nggak jauh dari Geopark Kaldera Toba, sekitar 35 menit aja.

 

Air Terjun Efrata dikenal sebagai Sampuran Efrata yang berarti ‘taman terindah dan suci’. Aliran air di antara bebatuan dan pemandangan hijau di sekelilingnya bikin tempat ini cocok banget jadi tempat buat melepas penat. Lo juga bisa berenang di kolam alaminya yang bersih dan adem.

 

3. Bermalam di Hotel dengan View Danau Toba

Setelah puas jalan-jalan seharian, saatnya istirahat di hotel. Mumpung lagi di Samosir, rugi banget kalau lo nggak nginep di hotel dengan view Danau Toba, Superfriends. Hotel-hotel tersebut kebanyakan berada di daerah Tuktuk Siadong, Simanindo, Kabupaten Samosir. Kelas dan harga hotelnya pun cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Lo bisa pilih berdasarkan budget dan kebutuhan.

 

Itinerary Hari Kedua

1. Pantai Batu Hoda

Pantai Batu Hoda
Image: Instagram/@batuhodabeachofficial

Kata siapa pantai cuma menghadap ke laut aja? Di Samosir, lo bisa menemukan pantai yang menghadap danau, Cuy. Namanya Pantai Batu Hoda. Destinasi wisata ini berada di titik paling utara Pulau Samosir, tepatnya di Desa Cinta Damai, Simanindo, Kabupaten Samosir. Layaknya pantai pada umumnya, pantai ini dikelilingi sama pasir putih. Lo bsai duduk di gazebo atau menggelar tikar sambil menikmati pemandangan Pantai Batu Hoda.

 

2. Batu Kursi Raja Siallagan

Salah satu destinasi wisata budaya yang wajib lo kunjungi di Samosir yaitu Batu Kursi Raja Siallagan. Obyek wisata yang ada di desa tradisional Siallagan ini merupakan kompleks batu yang menyerupai tempat persidangan dan eksekusi tahanan perang. Selain itu, tempat ini dikelilingi dinding batu kuno, perumahan warga yang menakjubkan, patung batu, sarkofagus, dan peninggalan zaman dulu lainnya.

 

Batu Kursi Raja Siallagan berada di Hutan Siallagan Pindaraya, Ambarita, Simanindo, Kabupaten Samosir.

 

3. Pasar Tomok

Untuk menutup perjalanan di Samosir, kurang afdol rasanya kalau nggak berburu oleh-oleh. Salah satu pusat cendera mata yang bisa lo kunjungi yaitu Pasar Tomok di daerah Simanindo. Di sini, lo bisa menemukan aneka souvenir khas Bata Toba, seperti kain tenun, hiasa dinding, miniatur rumah adat, dna masih banyak lagi. Mayoritas souvenir tersebut dihiasi motif gorga khas Batak yang dominan warna merah, putih, dan hitam.

 

Itu tadi itinerary dua hari satu malam di Samosir – Danau Toba. Kira-kira, destinasi wisata apa lagi ya yang seru buat dikunjungi di pulau tersebut? Tulis di kolom komentar, Superfriends! (arpd)