6 Film Indonesia Bertema Batak Terbaru, Nomor 2 Pernah Didaftarkan Berlaga di Ajang Oscar

Film Indonesia memiliki cerita yang beragam. Dari kisah cinta romantis, horor, hingga budaya yang dianut dalam kehidupan masyarat. Film Indonesia memiliki cerita...

6 Film Indonesia Bertema Batak Terbaru, Nomor 2 Pernah Didaftarkan Berlaga di Ajang Oscar
image

loading...

Film Indonesia bertema Batak pernah mewarnai bioskop Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir. Foto/IMDb

JAKARTA - Film Indonesia memiliki cerita yang beragam. Dari kisah cinta romantis, horor, hingga budaya yang dianut dalam kehidupan masyarat.

Salah satu tema budaya atau adat istiadat yang pernah diangkat ke dalam film adalah adat suku Batak. Dalam beberapa tahun terakhir, film bertema Batak memang pernah mewarnai bioskop Tanah Air dan cukup disukai penonton.

Berikut film Indonesia bertema Batak terbaru atau rilis dalam kurun tahun 10 tahun terakhir.


Film Indonesia Bertema Batak

1. Nariti, Romansa Danau Toba

Nariti yang dirilis pada November 2022 merupakan film drama romantis yang dibintangi Zoe Jackson, Bastian Steel, dan Paramitha Rusady. Film ini mengangkat kisah cinta segi tiga di antara satu gadis dan dua jejaka yang tinggal di daerah pesisir Danau Toba.

Sayang, ibu gadis yang diperebutkan dua pemuda itu tak menyetujui hubungan sang anak dengan kekasih pilihannya, hingga sebuah tragedi justru berhasil menyatukan mereka.

2. Ngeri-Ngeri Sedap

Ngeri-Ngeri Sedap termasuk salah satu film yang paling banyak ditonton pada 2022. Film yang disutradarai Bene Dion Rajagukguk ini rilis pertama kali pada Juni 2022.

Ngeri-Ngeri Sedap banyak mendapat pujian karena menampilkan cerita keluarga yang relate dengan kebanyakan orang. Dinamika berbagai masalah dan hubungan yang pelik antara orang tua dengan anak, ditambah latar budaya Batak yang bersinggungan dengan isu-isu masa kini, begitu memikat penonton hingga film ini berhasil menarik lebih dari satu juta penonton dalam 11 hari sejak pertama kali tayang di bioskop.

Ngeri-Ngeri Sedap juga pernah terpilih sebagai film Indonesia yang didaftarkan dalam kategori Film Panjang Internasional Terbaik dalam Academy Awards ke-95 atau ajang Oscar tahun 2023.


3. Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Pariban: Idola dari Tanah Jawa dirilis pada Mei 2019. Film yang dibintangi Ganindra Bimo dan Atiqah Hasiholan ini berkisah tentang upaya sebuah keluarga Batak menemukan jodoh bagi anaknya. Beragam konflik menyertai upaya mereka untuk bisa mempersatukan dua tokoh utama dalam film tersebut.

4. Horas Amang: Tiga Bulan untuk Selamanya

Horas Amang: Tiga Bulan untuk Selamanya juga dirilis pada 2019. Film ini mengangkat kisah sebuah keluarga Batak yang mengalami ketidakharmonisan. Ketidakharmonisan itu dilatarbelakangi adanya tradisi suku Batak yang semakin dilupakan oleh generasi muda, dalam hal ini dialami oleh anak-anak di keluarga Batak tersebut.

5. Toba Dreams

Film Toba Dreams yang dibintangi Vino G. Bastian dan Marsha Timothy rilis pada 2015. Cerita film ini berfokus pada tokoh yang diperankan oleh Vino yang bersuku Batak. Ia kerap menentang keinginan sang ayah hingga harus kabur ke Jakarta untuk mencari jalan hidupnya sendiri.

Film ini juga dibumbui kisah cinta antara si tokoh utara yang berasal dari suku Batak, dengan seorang perempuan asal Jawa, yang ditentang keras oleh orang tua.

6. Lamaran

Film Lamaran yang juga dirilis pada 2015 bernuansa komedi romantis. Film ini dibintangi oleh Acha Septriasa yang memerankan tokoh wanita bersuku Batak dan jatuh cinta pada pria asal Sunda. Prosesi pernikahan adat Batak serta pemberian marga pada si pria Sunda ikut ditampilkan dalam film ini.

(tsa)