BREAKINGNEWS.CO.ID - Menghadapi #PesonaMudik2019, Madiun sudah menyiapkan rest area terbaiknya. Isinya berupa destinasi-destinasi wisatanya. Komposisi ini menjadi rujukan #PesonaMudik2019. Sebarannya beragam dengan pilar alam, budaya, manmade, dan sejarah.

“Madiun salah satu jalur mudik penting di Jawa Timur. Madiun juga jadi daerah transit untuk banyak kota di sekitarnya. Dengan posisinya, Madiun tentu menjadi lokasi beristirahat ideal bagi pemudik. Agar kesegarannya maksimal, silahkan bersantai di destinasi wisatanya. Lokasinya strategis dengan beragam experience luar biasa,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

So, segera siapkan pilihan bersantai di Madiun. Dipilih sebagai #PesonaMudik2019, Kemenpar sudah menyusun komposisi idealnya. Berikut Top 10 Destinasi di Madiun:

1. Wana Wisata Grape

Nuansa hijau, udara segar, dan kicau burung menjadi paket eksotis Wana Wisata Grape. Posisinya ada di ketinggian 1.000 mdpl. Luas kawasan ini sekitar 0,4 Hektar. Jarak tempuhnya hanya 15 kilometer dari pusat Kota Madiun. Berada di Wana Wisata Grape, ada beregam vegetasi yang bisa dinikmati. Sebut saja, pohon jati, nangka, dan trembesi.

Ada juga hamparan sawah hijau di kaki Gunung Wilis. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan pada Wana Wisata Grape. Destinasi ini memiliki fasilitas outbound dan arung jeram. Aktivitas lainnya adalah bersepada menuju PLTA Golang dengan rute berkelok. Ada beragam fasilitas pendukung di sini, mulai lapangan, lokasi parkir, aula pertemuan, hingga rumah makan.

2. Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo

Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo berada di Desa Kare, Kare, Madiun. Lokasi ini hanya ditempuh 40 menit dari pusat Kota Madiun. Dengan background alam, destinasi ini sangat Instagenic. Spot terbaik untuk memproduksi konten foto dan text untuk kebutuhan media sosial. Rimbun pepohonan pinus, lembah, bukit, hingga kabut tentu menjadi oramen menarik konten.

Selain itu, ada juga spot selfie buatan seperti rumah pohon, gardu pandang, ayunan, dan lainnya. Lebih spesial, fasilitasnya lengkap dengan lokasi parkir, toilet, hingga rumah makan. So, kunjungi Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo bila melintas atau berlibur di Madiun.

3. Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas menjadi spot ideal untuk melepas penat di Madiun. Lokasinya strategis berada di Saradan, Madiun. Waduk ini dibangun dengan membendung Sungai Bening dan Kali Petung. Luasnya sekitar 570 Hektar dengan volume waduk normal 33 juta meter kubik. Dengan profilnya yang luar biasa, ada beragam aktivitas yang bisa dinikmati pemudik di area ini.

Destinasi Waduk Bening Widas adalah spot pemancingan yang luar biasa. Komposisi ikan buruannya sangat beragam. Ukurannya sedang hingga besar. Ada juga spot taman bermain anak, kios, dermaga, banana boat, hingga fasilitas outbound. Di kawasan ini, dikembangkan juga loco trip, fasilitas tenis, dan rumah makan.

4. Taman Wisata Gunung Kendil

Paket menarik ditawarkan destinasi Taman Wisata Gunung Kendil. Spot ini merupakan surganya para penikmat sunrise, sunset, dan fotografi. Lokasinya berada di Pilangrejo, Wungu, Madiun. Konon, Taman Wisata Gunung Kendil memiliki view eksotis seperti Santa Monica di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sedikt flash back, Taman Wisata Gunung Kendil awalnya adalah fasilitas militer. Lokasi ini jadi tempat latihan militer. Namun, peruntukannya kini begeser. Menjadi destinasi wisata dengan fasilitas gazebo, toilet, dan lainnya. Aktivitas lain yang bisa dinikmati adalah memancing dan menembak. Bisa juga ikut menyatu dengan alam melalui berkemah. Atau, menikmati adrenalin balap motor.

5. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru berlokasi di Desa Kare, Madiun. Karena eksotis, air terjun ini memiliki beberapa nama seperti, Air Terjun Serondo, Slampir, dan Kedung Malem. Dengan 2 alirannya, Air Terjun Seweru bahkan diklaim sebagai ikon Madiun. Secara fisik, air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter. Alirannya deras dengan airnya yang bening dan menyegarkan.

Memiliki jarak 25 kilometer dari Alun-Alun Kota Madiun, pemudik bisa mengambil arah Dungus. Lalu, langsung menuju Kare hingga pertigaan sebelum perkebunan kopi. Dari situ, pemudik bisa ambil kiri dan ikut petunjuk menuju Air Terjun Seweru yang terpasang.

6. Madiun Umbul Square

Madiun Umbul Square berlokasi di Glonggong, Dolopo, Madiun. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Madiun menuju arah selatan. Destinasi wisata ini sangat populer. Ada beragam fasilitas yang dimilikinya, seperti bianglala raksasa. Ada juga kolam renang air belerang, kebun binatang mini, dan pesanggrahan. Penginapannya memiliki 28 kamar lengkap dengan fasilitasnya.

Fasilitas pendukungnya adalah Rumah Makan, Warung, Tempat Bermain Anak, Waterboom, Tempat Parkir, Outbond, Bioskop 3D dan 9D, Tempat Istirahat, Tempat Ibadah, dan. Supermarket. Dilengkapi juga Wisata Sejarah hingga beberapa peninggalan kebudayaan Hindu & Buddha. Bentuknya berupa Patung Sapi.

7. Taman Rekreasi Wisata Umbul

Taman Rekreasi Wisata Umbul berlokasi di Glonggong, Dolopo, Madiun. Destinasi tersebut sekarang bernama Madiun Umbul Square. Dilengkapi kebun binatang mini, koleksi satwanya lengkap. Sebut saja kera Jawa, kelinci, ular sanca, burung merak, rusa tutul, buaya, dan masih banyak lagi.

Ada beragam fasilitas yang dimilikinya, seperti bianglala raksasa. Ada juga kolam renang air belerang, dan pesanggrahan. Penginapannya memiliki 28 kamar lengkap dengan fasilitasnya.

Fasilitas pendukungnya adalah Rumah Makan, Warung, Tempat Bermain Anak, Waterboom, Tempat Parkir, Outbond, Bioskop 3D dan 9D, Tempat Istirahat, Tempat Ibadah, dan. Supermarket. Dilengkapi juga Wisata Sejarah hingga beberapa peninggalan kebudayaan Hindu & Buddha. Bentuknya berupa Patung Sapi.

8. Brumbun Tubing Adventure

Sesuai namanya, Brumbun Tubing Adventure berlokasi di Desa Brumbun, Wungu, Madiun. Destinasi ini juga familiar sebagai Wisata Kelen dengan memanfaatkan aliran sungai dari Gunung Wilis. Destinasi ini dikembangkan oleh Karang Taruna Desa Brumbun. Selain tubin, destinasi ini juga menawarkan beragam aktivitas seni dan budaya setempat. Desa Brumbun juga memiliki air terjun yang eksotis.

9. Palang Mejayan

Palang Mejayan adalah tempat bersejarah di wilayah Caruban, Madiun, Jawa Timur. Lokasi tepatnya di Jalan Panglima Sudirman 79-A Caruban, Madiun. cukup mudah untuk menuju lokasi tersebut. Posisinya berada tepat di pinggir jalan utama jalur Selatan Surabaya-Madiun. situs ini berisi berbagai macam arca dari peninggalan kerajaan kuno Jawa. Warisan tak ternilai ini sampai kini masih terjaga keasliannya.

10. Monumen Kresek

Warna sejarah lain juag ditawarkan Madiun. Monumen Kresek menjadi saksi atas Peristiwa Madiun. Kini spot tersebut berada di Desa Kresek, Wungu, Madiun. Memiliki profil seluas 2 hektar, monumen ini jadi saksi bisu keganasan PKI pada tahun 1948. Bukti itu bisa dilihat dari relief-relief yang ada di monumen.

Selain monumen, destinasi ini memiliki fasilitas pendukung. Ada pendopo, taman tanaman langka, dan tempat larkir yang luas. So, mari membuka kembali sejarah negeri ini. Semoga ada benang merah positif yang diambil dari berbagai peristiwa tersebut. Ujungnya tentu menebalkan rasa cinta bangsa dan negara. Menempatkan NKRI sebagai harga mati.