Beberapa pohon memiliki ukuran besar di pinggir jalur mudik pantura Situbondo mulai ditebangi, Rabu (14/6/2017). Pohon-pohon itu dinilai riskan rubuh, sampai punya potensi mengganggu arus jalan raya, bahkan juga meneror keselamatan pemakai jalan raya.

Terkecuali pohon telah tua, keadaan tanah di sekitaran pohon juga dinilai labil. Hingga dipandang cukup menggelisahkan waktu berlangsung hujan deras serta angin kencang.

" Penebangan pohon yang menjorok ke bahu jalan ini, yaitu tindak lanjut dari penelusuran jalur mudik yang kami kerjakan berbarengan deretan kepolisian. Pohon-pohon itu di kuatirkan rubuh ke jalan, " kata Kabid Mencegah serta Kesiapan-siagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan.

Penilaian detikcom, sekurang-kurangnya ada 4 pohon type mahoni memiliki ukuran besar yang ditebang karna dinilai riskan rubuh. Pohon-pohon itu menyebar di pinggir jalan raya pantura, dari mulai Desa Katakan Kecamatan Kendit, sampai Desa Pasir Putih Kecamatan Bungatan.

Penebangan dikerjakan dengan memakai sebagian unit gergaji mesin. Aktivitas penebangan pohon ini dikerjakan personel BPBD berbarengan dengan deretan kepolisian, Perhutani, serta Dinas Lingkungan Hidup Situbondo.

" Kebetulan pohon-pohon itu termasuk juga punya Perhutani. Bukan sekedar bekerjasama saja, tadi pihak Perhutani jadi juga turut menolong, " tutur Gatot Trikorawan.

Sesudah lakukan penebangan pohon itu, lanjut Gatot, ke depan pihak BPBD berbarengan kepolisian serta lembaga berkaitan yang lain, bakal lakukan inventarisasi pada kehadiran pohon riskan rubuh yang ada di pinggir jalan raya. Hingga dapat selekasnya dikerjakan langkah antisipasi atau mencegah. Terutama dalam menyongsong arus mudik serta arus balik lebaran yang akan datang.

Terlebih dulu, pemakai jalan raya pantura Situbondo sebaiknya lebih siaga. Hasil penelusuran mendekati arus mudik lebaran, banyak diketemukan titik-titik kerawanan di selama jalan raya pantura Situbondo.

Tidak cuma riskan kecelakaan saja, di lokasi-lokasi juga diketemukan pohon-pohon besar di pinggir jalan yang dinilai riskan rubuh. Terlebih, akhir-akhir ini cuaca sering tidak menentu. Hujan deras serta angin kencang masih tetap sering berlangsung di lokasi Situbondo.
(bdh/bdh)