BREAKINGNEWS.CO.ID – Pebulutangkis ganda campuran andalan Indonesia, Liliyana Natsir, mengaku kalau beban gelar juara pada Denmark Terbuka 2018 yang berlangsung mulai 16 hingga 21 Oktober, tidak lagi berada di dirinya dan Tantowi Ahmad.

Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melewati babak pertama Denmark Open 2018 dengan kemenangan dua gim langsung atas pasangan ganda campuran asal Inggris, Ben Lane/Jessica Pugh dengan skor21-11, 21-16 di Odense Sports Park, Kamis (18/10/2018). Walaupun menang dalam dua gim langsung, Tontowi/Liliyana sempat tertinggal jauh 1-6 pada gim pertama. Hal ini diakui Tontowi/Liliyana sering terjadi pada mereka yang tidak langsung in ke permainan.

"Ini memang seringkali terjadi pada kami, lambat start-nya. Saat lawan memimpin 6-1, kami sadar kalau ini sudah terlampau jauh. Seharusnya tidak boleh begitu, harus langsung in ke permainan, akan tetapi namanya pertandingan pertama, tentu ada penyesuaian," ujar Liliyana dikutip Breakingnews.co.id dari Badminton Indonesia. Meskipun tidak dipatok target di kejuaraan ini, sebagai pasangan ranking ketiga dunia, Tontowi/Liliyana tentu saja memiliki target pribadi untuk menjadi juara di turnamen yang berhadiah 775 ribu dollar AS atau sekitar 11,7 miliar rupiah ini. Ditambah lagi mereka tidak pernah naik podium juara di Denmark.

"Saat ini bebannya bukan di kami lagi, kami akan bermain nothing to lose dan mencoba menikmati permainan kami. Rasa penasaran pasti ada, ditambah lagi kami tidak pernah juara di sini," aku Liliyana. "Kami masih ingin jadi juara, akan tetapi kami sadar ini tidak akan mudah karena persaingan pemain-pemain muda begitu sengit," kata Liliyana.

Pada babak kedua, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pasangan ganda campuran asal Taiwan, Lee Yang/Hsu Ya Ching, atau pasangan ganda campuran asal Jerman, Mark Lamfuss/Isabel Herttrich. "Saat ini, buat kami semua lawan itu berat, bukan berarti dulu kami menganggap mudah lawan. Dulu kami bisa membaca lawan dan ingin main seperti apa. Kalau saat ini kami akui dari kecepatan serta stamina memang mengalami penurunan," ujar Liliyana.

Sektor ganda campuran meloloskan tiga wakil ke babak kedua. Selain Tontowi/Liliyana, pasangan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja juga lolos. Akan tetapi, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti ditundukkan unggulan pertama pasangan ganda campuran asal Cina, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, dengan skor 14-21, 7-21.