BREAKINGNEWS.CO.ID - Piala Asia 2019 sudah memasuki partai puncak. Dua tim yang tersisa adalah Jepang dan Qatar. Keduanya akan memainkan laga final di Zayed Sports City Stadium, Jumat (1/2/2019) pukul 18.00 WIB. Tim Samurai Biru lolos lebih dulu usai menang 3-0 atas Iran.

Kemenangan 3-0 ini menjadi skor terbesar yang diraih Jepang di Piala Asia 2019. Sebelumnya, dari pertandingan pertama hingga perempat final, Jepang selalu menang dengan margin satu gol. Diawali kemenangan 3-2 atas Turkmenistan, 1-0 atas Oman dan 2-1 atas Uzbekistan di penyisihan grup. Lalu menang 1-0 atas Arab Saudi (21/1) di babak 16 besar. Kemudian menang 1-0 atas Vietnam di perempat final (24/1) yang sekaligus mengakhiri 'dongeng' wakil Asia Tenggara tersebut di Piala Asia 2019.

Jepang dan Prestasi Asia

Dikutip dari japantimes.co.jp. Jepang memiliki sejarah bagus ketika tampil di final Piala Asia. Dalam empat kali kesempatan tampil di final sebelumnya, Jepang tidak pernah gagal alias selalu menang jika tampil di laga puncak Piala Asia.

Berawal pada 1992, ketika menjadi tuan rumah, Jepang meraih gelar pertamanya saat mengalahkan Arab Saudi 1-0 di final. Jepang lantas meraih gelar keduanya di tahun 2000, lagi-lagi dengan mengalahkan Arab Saudi 1-0. Di tahun 2004, Jepang kembali tampil di final dan menang 3-1 atas tuan rumah China.

Lalu, tahun 2011 lalu, Jepang mengalahkan Australia 1-0 lewat gol di masa extra time untuk meraih gelar keempatnya. Empat gelar tersebut membuat Jepang kini menjadi tim paling sukses dalam sejarah Piala Asia, mengungguli Arab Saudi dan Iran yang telah tiga kali juara.

Final dan Sejarah Qatar

Qatar menjadi tim yang tidak diduga mampu melaju ke partai final. Qatar di semifinal mengalahkan tuan rumah UEA dengan skor telak 4-0. Empat gol dilesakkan oleh Boualem Khoukhi, Almoez Ali, Hassal Al-Haydos, dan Hamid Ismail. Bagi Qatar, pencapaian kali ini menjadi yang pertama sejak keikutsertaannya di Piala Asia.

Qatar sampai ke final dengan sebuah catatan impresif. Sejak fase grup, tim arahan Felix Sanchez Bas itu sama sekali tak kebobolan. Qatar melaju ke fase knockout usai jadi juara grup E, mengungguli Arab Saudi, Lebanon, dan Korea Utara. Mereka kemudian mengalahkan Iraq di babak 16 besar dan menyingkirkan Korea Selatan di perempatfinal.

Qatar Paling Produktif

Qatar merupakan tim yang ganas di Piala Asia 2019. Mereka tim yang paling banyak mencetak gol di babak penyisihan dengan 10 gol. Dengan tambahan enam gol di tiga pertandingan di babak gugur, Qatar berarti sudah mengemas 16 gol dalam 6 pertandingan. Dan yang istimewa, dalam enam pertandingan tersebut, gawang Qatar sama sekali belum kemasukan gol seperti dikutip dari soccerway.com.

Sejak babak penyisihan hingga babak gugur, Qatar mampu mencatat clean sheet. Sebelum mengalahkan Uni Emirat Arab di semifinal, mengalahkan Korea Selatan 1-0 di perempat final dan menundukkan Iran 1-0 di babak 16 besar. Tentu saja, itu bekal bagus bagi Qatar untuk menantang Jepang di final.