BREAKINGNEWS.CO.ID – Jelang libur akhir tahun, tentu Anda akan menemukan banyak diskon-diskon menarik yang ditawarkan baik itu di toko offline maupun online. Namun sayangnya, musim diskon ini juga sering dimanfaatkan oleh sebagian pihak untuk mencari korban baru.

Tidak heran, jika para konsumen bisa saja terdorong untuk tidak bertindak hati-hati karena tergiur dengan diskon-diskon yang ditawarkan oleh para kriminal siber tersebut.

Menurut pantauan dari McAfee, banyak sebagian orang yang terkadang bertindak kurang hati-hati pada musim diskon. Terkadang, mereka melakukan tindakan yang justru membahayakan diri mereka sendiri, seperti menggunakan Wi-Fi publik untuk melakukan pembelian, mengklik email mencurigakan demi mendapatkan harga yang lebih murah, serta membeli barang dari penjual yang mereka tidak tahu asli atau tidak.

Untuk meminimalisir kemungkinan tertipu di musim diskon, berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan:

1.Gunakanlah WiFi yang Aman

Jika tidak hati-hati, data Anda kemungkinan bisa saja tercuri ketika menggunakan WiFi publik. Informasi yang tercuri bisa berupa informasi pribada atau bahkan informasi finansial seperti nomor kartu kredit.

Ketika Anda hendak melakukan transaksi menggunakan WiFi publik, sebaiknya Anda menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk memastikan bahwa data Anda aman.

2.Jangan Sembarang Mengklik Sebuah Tautan

Salah satu cara paling sering yang digunakan kriminal siber adalah metode phishing, yaitu email yang disamarkan sebagai penawaran diskon atau liburan. Tujuannya adalah agar Anda mengklik tautan yang ada.

Tautan itu mungkin akan berujung pada malware atau situs palsu yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi. Jika Anda mendapatkan tawaran diskon, sebaiknya Anda memeriksanya langsung ke sumbernya daripada mengklik tautan yang ada.

3.Pergunakan Layanan Keamanan Siber

Anda bisa menggunakan layanan dari perusahaan keamanan siber untuk membantu Anda mengamankan perangkat Anda dari berbagai serangan, mulai dari malware sampai serangan phishing.

Anda juga bisa menggunakan alat keamanan untuk mengamankan informasi pribadi atau finansial Anda.

4.Bertindak dengan Cerdas

Jika Anda mendapatkan tawaran yang Anda rasa terlalu bagus, ada kemungkinan bahwa penawaran itu palsu.