JAKARTA - Bagi pengguna internet tentu sudah tidak asing dengan mesin pencarian Google. Namun ada yang menarik dari penampilan halaman utama Google. Saat membuka laman pencarian raksasa ini kamu akan disambut dengan doodle Perayaan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD), yang diperingati setiap 8 Maret, menjadi tema Google Doodle pada hari ini, Kamis (8/3/2018).

Untuk merayakan Hari Perempuan Internasional 2018, Google Doodle menampilkan karya seni rupa 12 seniman perempuan dari 12 negara berbeda.  

"Kami berharap kekuatan gabungan kata-kata dan gambar membantu membawa cerita-cerita ini ke kehidupan dengan cara yang memunculkan perasaan akan pengertian, empati, dan semangat hari ini," kata Google.

Proyek ini merupakan perjalanan yang luar biasa bagi Google, dan pihaknya tergerak oleh keterusterangan, keintiman, dan keberanian cerita para kontributor kami.

"Menerjemahkan karya-karya ini ke 80 lebih bahasa dan membagikannya ke seluruh khalayak global sangat berarti bagi kami, dan kami berharap pembaca akan terus merasakan perasaan mereka seperti yang terinspirasi seperti yang kami lakukan," ujarnya.

"Terima kasih khusus kepada pendongeng, pembaca, dan setiap orang yang terlibat dalam proyek ini untuk merayakan hari yang penting. Dan yang terakhir - tapi tentu tidak sedikit - terima kasih kepada semua wanita dalam kehidupan kita sendiri yang terus bergerak dan mengubah dunia dengan cerita mereka sendiri," imbuhnya.

Lantas, siapakah 12 seniman wanita tersebut.

1. Anna Haifisch – “Nov 1989”

2. Chihiro Takeuchi – “Ages and Stages”

3. Estelí Meza – “My Aunt Blossoms”

4. Francesca Sanna – “The Box”

5. Isuri – “Aarthi the Amazing”

6. Karabo Poppy Moletsane – “Ntsoaki’s Victory”

7. Kaveri Gopalakrishnan – “Up on the Roof”

8. Laerte – “Love”

9. Philippa Rice – “Trust”

10. Saffa Khan – “Homeland”

11. Tillie Walden – “Minutes”

12. Tunalaya Dunn – “Inwards”

Lebih lanjut mereka berharap jika kisah yang disajikan di Perayaan Hari Perempuan Internasional ini bisa menjadi inspirasi dan menggugah perasaan atas pengertian, empati dan semangat untuk menjalani hari.

Terkait perayaan Hari Perempuan Internasional ini, ada banyak kegiatan yang digelar. Di berbagai belahan dunia, Hari Perempuan Internasional ini dimeriahkan dengan menggelar acara bincang-cincang, pawai, hingga demonstrasi.