BREAKINGNEWS.CO.ID – Pasangan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, akan bertemu dengan pasangan ganda putra asal Cina, Han Chengkai/Zhou Haodong, dalam babak penyisihan Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2018. Dengan hasil undian yang dilakukan pada Senin (10/12/2018) tersebut membuat kesempatan The Minions, julukan Kevin/Marcus untuk balas dendam terbuka.

Han/Zhou merupakan salah satu pemain yang bisa menyulitkan pasangan ganda putra asal Indonesia di tengah dominasi yang mereka torehkan di BWF World Tour 2018. Setelah mengalahkan Han/Zhou dengan skor 18-21, 21-14, 21-18 di Kejuaraan Dunia, Minions tumbang di dua pertemuan berikutnya melawan Han/Zhou. Di Cina Terbuka, Kevin/Marcus kalah dengan skor 19-21, 21-11, 17-21, sedangkan di Prancis Terbuka, Kevin/Marcus kalah dengan skor 21-23, 21-8, 17-21.

Keberadaan Han/Zhou di grup yang sama dengan Kevin/Marcus merupakan hal menarik di BWF World Tour Finals 2018. Kevin/Marcus punya kesempatan untuk balas dendam atas ganda Cina tersebut. Melihat pertarungan di tiga duel sebelumnya, Han/Zhou punya kecepatan yang baik dan bisa mengimbangi permainan Kevin/Marcus. Dalam hal adu drive, Han/Zhou juga bisa merepotkan Kevin/Marcus.

"Kami sudah mempersiapkan diri. Kevin/Marcus pasti sudah siap [menghadapi BWF World Tour Finals]," kata pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, Senin (10/12/2018). Selain Han/Zhou, Kevin/Marcus juga berada satu grup dengan juara dunia Li Junhui/Liu Yuchen. Meski unggul head to head 8-1 atas Li/Liu, Kevin/Marcus tak bisa memandang sebelah mata ganda tuan rumah itu.

Li/Liu dipastikan akan mendapatkan dukungan dari publik tuan rumah dan mereka berusaha bangkit dari keterpurukan di pengujung tahun 2018. Dalam lima turnamen terakhir, Li/Liu tampil buruk dan hanya satu kali menembus babak perempat final. Li/Liu juga merupakan salah satu rival Kevin/Marcus dan kedua ganda tersebut sering terlibat psywar di setiap duel yang mereka lalui.

Satu lawan lainnya Kevin/Marcus adalah Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, pasangan ganda putra asal Denmark. Dalam duel lawan Astrup/Rasmussen, Kevin/Marcus juga unggul head to head telak 5-1. Meski unggul jauh atas ganda Denmark tersebut, Astrup/Rasmussen tetap merupakan pasangan kejutan yang patut diwaspadai. Astrup/Rasmussen adalah tipikal ganda dengan penampilan enerjik yang kerap kali memainkan perang mental.

Tiga lawan yang akan dihadapi oleh Kevin/Marcus di babak penyisihan diyakini bakal menyajikan tensi tinggi. Bukan hanya soal teknik, melainkan juga karena karakteristik setiap lawan. "Ini adalah turnamen World Tour Finals. Siapapun lawan yang dihadapi, Kevin/Marcus harus siap dari awal pertandingan," tutur Herry.