Akun media sosial Facebook milik Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Utara, Abdul Aziz, dibajak oleh orang yang belum diketahui jati dirinya. Lewat akun dengan nama Abdul Aziz Mildat, pemakai akun itu meminta uang pada beberapa orang sampai beberapa puluh juta rupiah.

“Benar akun itu milik Pak Sekda. Tetapi, sudah di-hack orang yang lain. Jadi, si pembajak ini minta uang ke beberapa orang yang berteman dengan akun Facebook Pak Sekda. Angkanya beragam mulai Rp 10-Rp 20 juta, ” kata Kepala Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Teuku Nadirsyah, Rabu (5/7/2017).

Dia mengatakan, Abdul Aziz baru mengetahui peristiwa itu sesudah sebagian orang meneleponnya serta bertanya alasannya meminta sejumlah uang. “Pak Sekda mengatakan tidak benar dia minta uang. Jadi itu penipuan atas nama akun kepunyaannya yang sudah dibajak orang yang lain, ” tuturnya.

Si hacker memberikan nomor rekening atas nama Destria Kurniawan dengan nomor 1550007078705 di Bank Mandiri. “Kami telah berikan ke semuanya dinas supaya jangan percaya apapun yang disebutkan akun itu. Jangan pernah ada yang mentransfer dana ke rekening yang mengatasnamakan Pak Sekda, ” ujarnya.