BREAKINGNEWS.CO.ID -  Keberhasilan Universitas Negeri Yogyakara (UNY) menyapu bersih seluruh pertandingan babak penyisihan Pul B  LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference 2018, secara langsung membantu Undip (Universitas Diponegoro) Semarang untuk sama-sama lolos ke babak semifinal. Sedangkan tuan rumah UII yang menjadi korban terakhir UNY dengan skor 0-3 pada laga penyisihan yang berlangsung Senin (5/11/2018), dengan berat hati harus rela tersingkir lantaran kalah selisih gol dengan tim Undip.

Setelah dua  kemenangan beruntun, UII membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke semifinal. Bila menang, perolehan poin mereka sama dengan yang dikumpulkan Univ. Diponegoro (Undip), tapi dengan selisih gol yang lebih baik. Namun, UNY menjegal niat sang tuan rumah itu.

Undip sendiri mesti berusaha keras sebelum memenangi pertandingan dengan Univ. Kristen Satya Wacana (UKSW) dengan skor tipis 3-2 untuk memelihara harapan bisa lolos ke babak empat besar.

Duel di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, UII, Yogyakarta, ini baru berlangsung tiga menit saat UNY mulai memperlihatkan ketajaman mereka. Tendangan kaki kiri Sasmitha Pandhuwandaya (10) dari luar lingkaran pertahan UII tak bisa ditangkal kiper tuan rumah.

UNY menggandakan keunggulan di menit ke-14. Chandra Richo Pratama (7) meneruskan sodoran Anton Cahyo Nugroho (11) dengan tembakan sudut sempit dari sayap kiri.

UII memberi respons cepat untuk menghidupkan peluang. Semenit kemudian, dalam sebuah serangan tak lama setelah sepak mula gol kedua UNY, tembakan pemain UII, Al Adhet Rico Pramansyah (8) bersarang di tiang dekat.

Saat UII berniat membalas di babak kedua, UNY membuat gol ketiga yang praktis menutup ambisi tuan rumah tersebut. Di menit ke-39, Maezar Rizaldy Pratama (13) melanjutkan giringan apik di sayap kanan dengan tembakan dari sudut sempit yang melewati hadangan kiper UII.

Dengan hasil 3-0 ini, UNY mengajak Univ. Diponegoro (Undip) yang sebelumnya mencetak kemenangan yang membawa mereka ke peringkat kedua. UII layak menerima kekalahan dengan kepala tegak setelah perlawanan keras dan usaha yang sempat membuat mereka berpeluang lolos.

Kemenangan Pertama

Sementara dari pertandingan putri, tim Universitas Gadjah Mada (UGM) menorehkan kemenangan pertama dengan mengalahkan tuan rumah UII  dengan skor telak 7-2.

Pada awal-awal laga  UII bisa memimpin lebih dulu di menit ketiga melalui Vuan Maharani (9). UGM menyamakan kedudukan di menit ke-16 melalui Tyas Fitri Kurnia (17). Gol ini disusul dua gol di menit terakhir babak pertama oleh Yolanda Mulat Sarira Hangrasawani (8).

UGM semakin tajam di babak kedua dengan tambahan empat gol. Lulu Fatimah Fauziah (10) menyumbangkan dua gol [24' dan 39']. Pemain "asing" UGM, Taylor June Anderson (2), mengukir gol di menit ke-28. Trifena Sarah Herliza (13) menambahkan satu gol di menit ke-36. Vuan Maharani (9) mencetak gol kedua tuan rumah di menit ke-39, tapi praktis hanya menjadi hiburan tambahan yang memperkecil ketertinggalan.

Kemenangan 7-2 ini membuat UGM meninggalkan UII di klasemen. UGM baru mengumpulkan tiga poin dari tiga laga, UII belum menghasilkan sebuah poin pun hingga sulit keluar dari dasar klasemen.

UGM akan melakoni laga terakhir mereka di Pul X ini pada Selasa (6/11) melawan Univ. Sebelas Maret (UNS). Laga ini akan memperebutkan posisi ketiga. UII menghadapi calon kuat kampiun, Univ. Negeri Yogyakarta (UNY), sehari kemudian.