Washington -- Presiden AS Donald Trump mengambil panggung di Forum Ekonomi Dunia di Davos pada Jumat (26/1/2018) pagi dengan sebuah pengumuman: "Setelah bertahun-tahun mengalami stagnasi, Amerika Serikat sekali lagi mengalami pertumbuhan ekonomi yang kuat." Sementara itu, di seberang lautan, Biro Analisis Ekonomi CNN merilis angka tahunan baru mengenai ekonomi AS - langkah-langkah ekonomi yang, secara historis, terlihat sangat rata-rata.

Angka tersebut menunjukkan ekonomi AS tumbuh sebesar 2,3% dari tahun pertama kepresidenan Trump. Ini dianggap sebuah tanda yang mengindikasikan pertumbuhan lebih cepat dari tahun lalu. Akan tetapi pertumbuhan itu sejauh ini masih tertinggal dari target Trump untuk mencapai 3% dalam pertumbuhan PDB.

Perekonomian AS tumbuh sebesar 2,3% pada tahun pertama kepemimpinan Donald Trump - naik dari pertumbuhan 1,5% pada tahun 2016 namun di bawah target 3,0% yang ditetapkan oleh Gedung Putih.

Pertumbuhan rata-rata PDB pada masa mantan Presiden Barack Obama memang hanya  2,2%. Rata-rata selama dua dekade terakhir juga  2,2%. Jika dilihat kembali rata-rata pertumbuhan ekonomi AS seperti ke tahun 1970, terbilang lebih besar, 2,8%. Sementara rata-rata pertumbuhan ekonomi AS tahun 1930, bahkan sebesar  3,3%.

Tahun 2017 akan menempatkan pertumbuhan ekonomi AS ke posisi 11 dalam pertumbuhan PDB selama 20 tahun terakhir. Pertumbuhan ekonomi nasional AS ini lebih tinggi dari 2013 dan 2016 namun lebih rendah dari 2014 dan 2015.

Menurut analisis data CNN dari Biro Analisis Ekonomi, Trump telah memperkirakan seperempat pertumbuhan PDB lebih dari 3% pada Rabu (24/1/2018) dalam sebuah pidato kepada wali kota di negara tersebut.

"Anda lihat GDP Anda dan lihat apa yang terjadi sekarang," ujarnya kala itu. "Kami akan memiliki tiga perempat berturut-turut di atas 3. Kami memiliki 3,2, dan banyak orang berpikir perlu waktu dua atau tiga tahun untuk sampai ke sana dan kami akan segera memukul, dan kemudian kami akan memukul hingga mencapai 5 persen. " Pada kuartal keempat tahun 2017 mencatat pertumbuhan ekonomi AS sebesar 2,6%.

Yang pasti, ada banyak ukuran lain dari ketahanan ekonomi Amerika Serikat saat ini. Misalnya tingkat pengangguran nasional melayang mendekati titik terendah sepanjang waktu dan pasar saham telah melonjak tinggi sepanjang masa dalam beberapa bulan terakhir ini.

Ditambah lagi, pandangan positif mengenai ekonomi AS adalah yang terbaik sejak tahun 2000, menurut pooling CNN baru-baru ini. Namun, sepanjang kampanyenya, Trump memperkirakan bahwa pertumbuhan PDB akan mencapai 3% bahkan  memperluas ramalannya untuk memasukkan perubahan yang lebih cepat baru-baru ini.

"Saya tidak melihat alasan mengapa kita tidak pergi ke 4, 5, dan bahkan 6%," katanya dalam sebuah pertemuan Kabinet Desember 2017. "Dan saya tidak ingin melampaui itu karena karena akan dikritik jika kita tidak melakukannya," sumbar Trump.