JAKARTA-Usai adanya kesepakatan antara Pemprov DKI Jakarta dengan perwakilan sopir angkutan umum jurusan Tanah Abang maka sejak hari ini Jalan Jati Baru sudah bisa dilewati Transjakarta Tanah Abang Explorer dan angkot.

Kepala Dinas perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansyah menuturkan, meski angkot dibolehkan melintasi Jalan Jati Baru tapi ada aturan pembatasan waktu bagi kedua transportasi massal tersebut. Dimana untuk Transjakarta jam pengoperasian TransJakarta diatur mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB sedangkan angkot mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

"Semua rute melalui depan Stasiun Tanah Abang dan melalui Blok A dapat dilalui angkutan umum unit bus kecil trayek JP03, JP03A, M08 dan M10," terang Andri saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (3/2/2018).

Sebagai kesepakatannya, sopir angkot jurusan M03, M08 dan M10 pada bulan Maret mendatang akan bergabung dengan program One Karcis One Ticket (OK Otrip) dan skema pembayarannya kata menggunakan skema lama yakni tarif Rp5.000.

"Kita akan kebut OK Otrip dengan menggunakan harga lama yaitu 3.459,36 rupiah per/km. Sambil menunggu revisi menyesuaikan tarif berikutnya," terang Andri.

Sebagai Informasi, layanan bus Transjakarta Tanah Abang Eksplorer yang sempat dihentikan beberapa lalu beroperasi kembali mulai hari ini. Masyarakat bisa menikmati layanan ini secara cuma-cuma alias gratis setiap harinya.

Sementara, angkot yang sebelumnya tidak bisa melintasi Jalan Jati Baru kini bisa lewat namun dikenakan tarif normal hingga sistem OK Otrip untuk angkot siap dioperasionalkan pada bulan depan.