Cara Sehat Menggunakan Media Sosial, Bantu Kurangi Dampak Kesehatan Mental

BREAKINGNEWS : Tidak salah jika Anda ingin mengambil langkah tersebut, namun bagi yang belum siap untuk meninggalkan media sosial secara total, Anda bisa mulai mengubah cara penggunaan yang lebih sehat. Dalam hal ini, terdapat beberapa cara sehat menggunakan media sosial yang bisa dilakukan, seperti membatasi waktu penggunaan hingga,Jateng,Ragam Konten,Media Sosial,Manfaat Media Sosial,Jenis-jenis Media Sosial,Pengertian Media Sosial,cara mengamankan media sosial,Instagram,Twitter,Facebook,Jenis Gangguan Mental,Kesehatan Mental,Kesehatan Mental di Indonesia,Psikologi kepribadian,Psikologi,Gangguan Psikologis

Cara Sehat Menggunakan Media Sosial, Bantu Kurangi Dampak Kesehatan Mental

Merdeka.com - Media sosial kini bukan hanya sebagai sarana komunikasi dan informasi, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup tersendiri. Di mana hampir setiap orang kini menggunakan media sosial sebagai tempat membagikan aktivitas dan keseharian menarik.

Mulai dari membagikan aktivitas kebersamaan dengan teman atau keluarga, membagikan hasil menu masakan, hingga berbagai hobi menarik yang disenangi. Bahkan, kini terdapat kecenderungan pola hidup flexing, yaitu memamerkan barang-barang mewah yang dimiliki atau menunjukkan sesuatu dengan cara yang dianggap tidak menyenangkan.

taboola mid article

Tak heran, jika banyak orang mulai terkena dampak buruk dari penggunaan media sosial, salah satunya perilaku membandingkan diri dengan orang lain. Jika dibiarkan terus menerus, tentu ini tidak baik untuk kesehatan mental. Bahkan, tak sedikit orang yang memilih berhenti dari pergaulan dunia maya agar mendapatkan hidup lebih sehat.

Tidak salah jika Anda ingin mengambil langkah tersebut, namun bagi yang belum siap untuk meninggalkan media sosial secara total, Anda bisa mulai mengubah cara penggunaan yang lebih sehat. Dalam hal ini, terdapat beberapa cara sehat menggunakan media sosial yang bisa dilakukan, seperti membatasi waktu penggunaan hingga mengurangi konten.

Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa cara sehat menggunakan media sosial yang bisa dipraktikkan sehari-hari.

2 dari 4 halaman

Dampak Media Sosial Bagi Kesehatan Mental

Sebelum mengetahui beberapa cara sehat menggunakan media sosial, perlu dipahami terlebih dahulu apa dampak buruk media sosial. Secara umum, media sosial dapat memberikan perkembangan informasi terbaru yang dapat diakses dengan mudah oleh setiap penggunanya.

Sayangnya, penggunaan media sosial kini semakin memberikan berbagai macam dampak buruk bagi kesehatan. Pertama adalah dampak membandingkan diri dengan orang lain. Sebagian dari Anda tentu pernah mengalami hal ini. Di mana Anda melihat kehidupan teman-teman Anda yang tampak bahagia, menyenangkan, hingga penuh dengan kemewahan.

Akibatnya, Anda merasa buruk terhadap diri sendiri karena banyaknya pencapaian dan kebahagiaan yang dipamerkan oleh orang lain di media sosial. Anda yang tidak mendapatkan kebahagiaan tersebut merasa kurang dan kepercayaan diri bisa menurun seiring waktu. Hal ini juga bisa menyebabkan perilaku yang terus menerus mengejar kesempurnaan seperti yang banyak ditampilkan di media sosial.

Lebih lanjut, perilaku membandingkan diri dengan orang lain itu akan berkontribusi pada kecemasan bahkan depresi. Awalnya, perilaku ini menimbulkan stres pikiran kemudian secara bertahap Anda bisa merasa cemas karena tidak dapat mengikuti gaya hidup seperti yang ditampilkan di media sosial. Jika tidak dikelola dengan baik, hal ini bisa menyebabkan depresi yang mengancam kesejahteraan mental.

3 dari 4 halaman

Cara Sehat Menggunakan Media Sosial: Batasi Waktu, Kurasi Konten

Setelah mengetahui beberapa dampak buruk media sosial bagi kesehatan mental, berikutnya akan dijelaskan cara sehat menggunakan media sosial yang bisa Anda praktikkan. Beberapa cara ini mungkin membutuhkan kedisiplinan sehingga Anda mulai terbiasa menggunakan media sosial lebih sehat dan bijak. Berikut penjelasannya.

  • Batasi Waktu

Cara sehat menggunakan media sosial yang pertama yaitu dengan membatasi waktu penggunaan. Seperti diketahui, tidak baik menggunakan media sosial di setiap waktu, terlebih ketika hal ini membuat Anda malas mengerjakan kegiatan yang lebih produktif.

Dengan begitu, disarankan untuk menetapkan batasan waktu dalam penggunaan media sosial. Misalnya, Anda menetapkan durasi maksimal menggunakan media sosial selama 2 jam setiap hari. Ketika sudah melebihi waktu tersebut, Anda bisa mencari kegiatan lain agar tidak menghabiskan banyak waktu bermain media sosial.

Selain itu, hindari pula membuka media sosial di pagi dan malam hari. Di pagi hari, lebih baik Anda melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat untuk mengawali hari seperti olahraga, sarapan, atau yang lainnya. Sementara di malam hari, setidaknya Anda berhenti membuka media sosial dua jam atau satu jam sebelum waktu tidur. Ini dilakukan tidak lain agar Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

  • Kurasi Konten

Cara sehat menggunakan media sosial berikutnya yaitu dengan melakukan kurasi konten. Luangkan waktu untuk memperhatikan dengan baik jenis konten mana yang berdampak negatif pada kesehatan mental Anda. Jika dirasa merugikan, Anda bisa unfollow beberapa akun yang kurang berguna.

Selain itu, Anda juga bisa memblokir atau menonaktifkan konten apa pun yang memberikan dampak buruk. Dengan begitu, aplikasi media sosial akan melakukan filter secara otomatis dan memberikan rekomendasi konten lain sesuai dengan kesukaan dan kenyamanan Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Sehat Menggunakan Media Sosial: Bersikap Lembut pada Diri Sendiri, Cari Kegiatan Lain

  • Bersikap Lembut pada Diri Sendiri

Cara sehat menggunakan media sosial selanjutnya adalah bersikap lembut pada diri sendiri. Menetapkan batasan-batasan dalam penggunaan media sosial memang sering kali membuat stres. Terutama di awal waktu Anda menerapkan batasan tersebut. Namun perlu dipahami bahwa ini adalah hal wajar, di mana Anda membutuhkan waktu penyesuaian dengan pola keseharian baru.

Jika Anda bermain media sosial hingga melebihi batas durasi yang ditentukan, mungkin Anda akan merasa bersalah. Alih-alih mengkritik dan menghukum diri sendiri karena hal tersebut, Anda bisa menyesuaikan lagu batasan yang diterapkan. Jika batasan durasi 2 jam dirasa kurang, Anda bisa menambahkan beberapa menit agar bisa beradaptasi dengan baik.

Meskipun begitu, disiplin tetap harus dilakukan. Jangan terus menerus menerapkan pelonggaran, tetapi berusahalah untuk mencari kegiatan lain ketika Anda sudah cukup bermain media sosial. Lakukan hal ini secara rutin sehingga bisa menjadi kebiasaan tersendiri.

  • Cari Kegiatan Lain

Cara sehat menggunakan media sosial yang terakhir adalah dengan mencari kegiatan lain. Seperti disebutkan sebelumnya, mencari kegiatan lain merupakan salah satu distraksi positif yang dapat mencegah Anda terlalu lama bermain media sosial.

Anda bisa mencari kegiatan menarik yang disukai, seperti bermain musik, berkaraoke, membaca buku, menggambar atau melukis, memasak, menonton film, atau mengobrol bersama teman atau keluarga.

Lakukan beberapa kegiatan ini, jika Anda sudah terlalu lama bermain media sosial, atau ketika sudah mencapai durasi maksimal sesuai batasan yang diterapkan. Dengan begitu, kehidupan Anda bisa lebih sehat dan seimbang.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

taboola below article