Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Kayu Bajakah bagi Kesehatan

BREAKINGNEWS : Sudah banyak dikonsumsi masyarakat Dayak, kayu Bajakah sampai saat ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Kayu Bajakah bagi Kesehatan
image

TEMPO.CO, Jakarta -Kayu bajakah alias Spatholobus littoralis Hassk merupakan tanaman dari pedalaman Provinsi Kalimantan Tengah yang telah lama dimanfaatkan oleh suku Dayak untuk mengobati berbagai penyakit.

Selain itu, tanaman ini belum pernah dibudidayakan karena belum banyak yang mengetahui khasiatnya.

Berdasarkan Indonesiabajakah.com ada beberapa manfaat bajakah bagi kesehatan, yaitu:

Kayu Bajakah untuk Pengobatan Kanker. Klaim tentang manfaat kayu Bajakah untuk pengobatan kanker muncul ketika 3 siswa SMA asal Indonesia meraih medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan, Juli 2019.

Dalam penelitiannya, ketiga siswa tersebut menemukan bahwa kayu Bajakah bisa mengobati kanker pada tikus putih.

Hal ini diduga disebabkan oleh komponen alami bernama flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antikanker yang terdapat pada kayu Bajakah.

Meski penelitian ini berjalan mulus, Kementerian Kesehatan RI menegaskan bahwa manfaat kayu Bajakah untuk kanker pada manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Hal ini terlihat dari keterbatasan penelitian sebelumnya yang hanya menunjukkan efek kayu Bajakah pada hewan. Untuk dapat menggunakan obat dengan aman, harus melalui beberapa tahapan uji klinis.

Melawan Senyawa Radikal Bebas. Fenolik yang terkandung dalam kayu bajakah diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Selain mampu menangkal efek radikal bebas, antioksidan juga berperan penting dalam penyembuhan penyakit degeneratif, seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Mencegah Infeksi Bakteri. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kayu Bajakah juga dapat digunakan untuk mencegah infeksi bakteri, terutama bakteri Escherichia coli. Manfaat kayu bajakah ini juga diduga berasal dari kandungan senyawa alami, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol.

Mempercepat Penyembuhan Luka. Kayu bajakah diduga dapat mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan pada luka. Hal ini karena senyawa saponin dan tanin yang terkandung dalam kayu bajakah diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Hal ini tentunya akan mendukung proses penyembuhan luka.

Dilihat dari kandungannya, kayu Bajakah memang memiliki banyak potensi untuk kesehatan tubuh. Namun demi keamanan, manfaat kayu Bajakah untuk kanker atau penyakit lainnya perlu diteliti dan diuji lebih lanjut dalam skala yang lebih besar.

NOVITA ANDRIAN

Baca juga : Manfaat dan Efek Samping Kayu Bajakah untuk Kesehatan