BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-22 sukses melenggang ke babak final Piala AFF U-22 setelah menyingkirkan Vietnam di partai semifinal. Berlaga di Stadion Olympic, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019), Garuda Muda menang dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak melalui tendangan bebas Muhammad Luthfi pada menit ke-70.

Vietnam punya keuntungan tersendiri untuk duel sore ini, karena mereka memainkan laga terakhir Grup A pada Kamis (21/2). Sementara Indonesia hanya punya waktu istirahat satu hari, karena laga terakhir Grup B dimainkan Jumat (22/2) malam. Namun, situasi ini dapat disiasati oleh pelatih Indra Sjafri. Pemainnya sukses memberikan tekanan sejak babak pertama dimulai hingga akhir pertandingan. "Saya pikir pertandingan menarik kami tahu Vietnam istirahat dua hari tapi tadi kami merespon mereka dengan cepat," kata Indra selepas pertandingan.

Meski demikian, pelatih asal Sumatera Barat itu menilai masih ada pemainnya yang belum mampu tampil maksimal. "Tapi Alhamdulillah gol sangat berharga dan dapat mengantarkan kami ke partai final," ucap pelatih asal Sumatera Barat itu.

Pada partai final, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tim penenang antara tuan rumah Kamboja vs Thailand. Duel kedua tim akan berlangsung di Stadion yang sama, sore ini pukul 18.30 WIB. Secara keseluruhan, Indra mengakui targetnya sudah terpenuhi, mulai dari lolos dari Grup B yang diisi tuan rumah Kamboja, Malaysia, dan Myanmar.

Pada babak semifinal ini, target Indra telah terealisasi. Selanjutnya, mantan pelatih Bali United itu ingin kembali merajai Asia Tenggara setelah sebelumnya pernah membawa Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF pada 2013. "Target pertama lolos grup. Grup B merupakan grup ketat, lalu target kedua kami kemarin lolos ke final, dan terakhir kami ingin bawa pulang Piala AFF," tegasnya.

Piala AFF U-22 merupakan event yang pertama kali digelar oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). Peluang Garuda Muda untuk mencatatkan sejarah pun terbuka lebar. Laga final bakal digelar pada 26 Februari 2019. Semangat Garuda Muda!