BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Laos Pada laga perdana Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (1/7/2018). Jelang laga tersebut, Garuda Nusantara mematangkan strategi serta mengasah ketajaman pemain pada latihan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jumat (29/6).

Di Piala AFF U-19 2018, perjuangan Timnas Indonesia U-19 diprediksi tak mudah. Tim Garuda Nusantara bereka berada di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina. "Kami berada di grup yang sangat berat. Penting bagi kami bisa membuat margin skor besar di setiap pertandingan," tutur asisten pelatih Timnas u-19, Miftahudin.

Selain mengasah ketajaman, Timnas Indonesia U-19 juga memperbaiki kelemahan mereka di sektor tengah. Sebab, pada internal game, sektor tengah ini kerap kehilangan bola. Menurutnya, hal ini sangat berbahaya karena Laos memiliki serangan balik cepat. "Laos sering menerapkan permainan serangan balik. Dari pertemuan sebelumnya, counter attack Laos sangat berbahaya. Kami harus memperbaikinya jika ingin meraih hasil maksimal. Kalau kekurangan itu dieksploitasi lawan, kami bisa kecolongan," sebut Miftahudin.

Optimistis

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Syahrian Abimanyu meyakini timnya bisa mengatasi Laos. Apalagi rekor pertemuan Timnas Indonesia U-19 lebih dominan. "Kami sudah beberapa kali bentrok dengan Laos dan mayoritas pemain yang masuk daftar, yang sekarang dibawa ke Piala AFF. Jadi, saya yakin bisa menang," kata Abimanyu.

Abimanyu mengaku, ia dan pemain Timnas Indonesia U-19 lainnya serasa mendapat energi positif lebih besar karena ia menapaki jejak Evan Dimas Darmono dkk. dengan bermain di stadion yang menjadi saksi bisu kejayaan Timnas U-19 era Indra Sjafri generasi pertama pada Piala AFF 2013. "Kami terinspirasi Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas. Kami akan berusaha tampil maksimal dan menjadi juara seperti pendahulu kami. Kami optimistis bisa meraih prestasi setinggi mereka," ujar pemain asal Jakarta yang pernah menimba ilmu di akademi Valencia (klub La Liga Spanyol) itu.