PARIS – Petenis unggulan asal Austria, Dominic Thiem melenggang mulus ke babak final Prancis Terbuka usai menundukan petenis non-unggulan asal Italia, Maco Cercchinato lewat pertarungan tiga set yang berakhir dengan skor 7-5, 7-6(10), 6-1 di lapangan tanah liat Philippe Chatrier, Paris, Jumat (8/6/2018).

Melangkahnya Thiem ke partai puncak ini merupakaan satu peningkatan yang dicapainya selama berkarier di ajang tenis profesionalnya, mengingat ini adalah final perdananya di Prancis Terbuka yang tak lain merupakaan salah satu ajang yang masuk dalam level Grand Slam ini. Selain itu, final ini juga merupakaan yang kedua bagi petenis Austria, setelah sebelumnya pada tahun 1995 perna diraih oleh Thomas Muster.

"Kupikir kuncinya adalah set kedua karena saat itu tie-break yang ketat," ucap Thiem di atas lapangan, yang dikutip BBC Sport. "Aku mengamankan dua set poin dan untungnya aku memenanginya. Saat kedudukan 6-4 dan satu hal yang ingin kulakukan adalah memenangi setnya dan aku gagal melakukan pukulan voli mudah di satu momen, yang rasanya tidak menyenangkan."

Thiem kini tinggal menunggu lawan di final, yaitu pemenang antara juara 10 kali Prancis Terbuka, Rafael Nadal, yang akan menghadapi Juan Martin del Potro. Laga puncak akan dilangsungkan Minggu (10/6). "Kupikir penting untuk memulihkan diri, besok latihan, dan tentu saja mempelajari lawanku di semifinal kedua. Kemudian, kekuatan penuh di hari Minggu!" cetus Thiem.