BREAKINGNEWS.CO.ID -  Majalah keuangan internasional The Banker menobatkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan terbaik atau "Finance Minister of The Year 2019" karena sejumlah kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Keterangan pers Kemenkeu di Jakarta, Kamis (3/1/2018) mengatakan, Sri terpilih menjadi pengelola keuangan negara terbaik antara lain karena berhasil menjaga ketahanan ekonomi negara meski guncangan bencana alam nyaris  terjadi sepanjang tahun 2018..

Sedangkan untukl sektor fiskal, ketahanan itu terlihat dari defisit anggaran yang tercatat sebesar 1,76 persen terhadap PDB, atau lebih rendah dari target 2,19 persen terhadap PDB.  Keberhasilan itu tak lepas juga dari modernisasi respon negara terhadap bencana alam melalui strategi pembiayaan risiko dan penjaminan atau asuransi untuk mempercepat proses bantuan dan pemulihan pascabencana

Ketiga, membuat serangkaian perubahan pada sistem perpajakan untuk meningkatkan pendapatan negara, seperti penyederhanaan proses pembayaran pajak dan penambahan lokasi tempat pembayaran pajak.

Keempat, memotong tarif Pajak Penghasilan (PPh) untuk perusahaan kecil dan menengah dan mengenakan pajak "e-commerce" pada perusahaan berbasis perdagangan elektronik yang beroperasi dari luar negeri.

Terakhir, mengurangi pajak pada layanan ekspor milik Indonesia dengan men-nol-kan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk menstimulasi kinerja sektor perdagangan.

"The Banker" merupakan majalah keuangan internasional yang dimiliki Financial Times (The Nikkei), berbasis di London, yang menjadi sumber utama data dan analisis dalam industri keuangan dan perbankan,".

Sebelumnya, "The Banker" juga memberikan penghargaan yang sama kepada Menteri Keuangan India Arun Jaitley pada 2018 dan Menteri Keuangan Argentina Alfonso Prat-Gay pada 2017.