JAKARTA - Terkait meninggalnya TKI asal Medan, Adelina, karena penyiksaan dan pelecehan tanggal 11 Februari 2018 di Malaysia. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menegaskan, kasus pelecehan dan penyiksaan pada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tidak bisa terulang kembali dan meminta pihak penegak hukum untuk mengusut tuntas kejadian ini. 

“Kita berharap kasus ini diusut sampai tuntas oleh aparat penegak hukum setempat. Tentu saja KBRI kita di Malayasia harus proaktif dalm menangani masalah ini, sehingga ada kejelasan dan jangan sampai terulang lagi,” tutur Fadli saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Politisi F-Gerindra itu menyatakan, setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari negara apalagi yang ada di negara lain. “Tugas negara itu salah satunya melindungi segenap tumpah darah warga negara, apalagi untuk mereka yang sedang berjuang di negeri lain,” ujarnya.

Fadli juga mengemukakan rasa belasungkawa atas wafatnya Adelina. “Kami tentu sangat berduka dan belasungkawa atas wafatnya almarhumah Adelina karena terjadi penyiksaan dan pelecehan di Malaysia. Kepada keluarga yang ditinggalkan untuk senantiasa sabar dan tabah,” tutur Fadli.