JAKARTA- Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PAN, Taufik Kurniawan mendukung penuh langkah bahwa semua Calon Legislatif (Caleg) melaporkan Harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu kata Taufik, apabila upaya tersebut berkaitannya dengan aspek integritas harus didukung demi pemerintahan yang bersih.

 "Harapannya, idealnya seperti itu. Tapi paling tidak kita kan koridornya pada ketentuan perundang-undangan, bisa jadi aturan perundangan itu teknisnya dalam PKPU yang juga bisa bahwa setiap Caleg melaporkan LHKPN ke KPK, atau bagi mereka yang menjabat, kalau calon kan belum pejabat negara namanya juga LHKPN," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018).

"Untuk itu kita mendukung, kalau yang berkaitan dengan aspek integritas dan beberapa hal komitmen politisi untuk good governance kita dukung sepenuhnya," jelasnya. Dengan demikian kata Taufik audit dana Partai Politik otomatis diperketat. "Ya otomatis, karena sekarang kan kaitannya penyelengaraan berkaitan saksi kan ditanggung sebagian oleh negara sehingga kalau menggunakan uang negara pasti ada unsur akuntabilitas;" jelasnya.

"Publiknya harus transparan sehingga kita berharap untuk ini kan BPK pasti mengaudit ke sana, pelaksanaan teknisnya seperti itu, ketentuan perundangannya juga berlaku sehingga bagi mereka yang dalam hal ini partai politik mendapatkn dukungan dari APBN  harus mempertanggungjawabkan sesuai mekanisme dan perundang-undangan," pungkasnya.