JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika segera menindaklanjuti keluhan warganet terhadap sebuah game bernama "Pukul Guru Anda" yang dinilai meresahkan. Apalagi baru saja ada kejadian guru yang meninggal akibat dipukul muriddnya di Sampang. Melalui keterangan tertulis, Humas Kominfo menyatakan aduan ini sudah disampaikan pada Menteri Rudiantara.

"Hal ini segera ditindaklanjuti dan telah dikomunikasikan ke penyedia konten pada pukul 15.30," demikian bunyi keterangan tersebut. "Penyedia konten diminta untuk menutup (takedown) dalam waktu 2 x 24 jam," kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, proses pemblokiran terhadap gim siksa guru sudah disiapkan meski di smartphone dan tablet gim ini belum bisa diakses. Kemuncul gim kontroversial berjudul "Pukul Guru Anda" dapat dimainkan lewat platform gim online Poki, gim ini bisa dimainkan dengan bebas dan cuma-cuma lewat browser di PC dan laptop.

Sementara tanggapan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Narenda Wicaksono, selaku Ketua Umum AGI. Hingga berita ini naik, Narenda hanya memberikan tanggapan yang terkesan dingin. "Itu punya gim Belanda yang kontennya di-translate ke lokal. Karena punya luar negeri, kami enggak bisa berbuat apa pun," ujar Narenda. "Cuma Kemkominfo yang mungkin bisa memblokirnya. Itu pun kalau mereka mau. Kami akan komunikasikan dengan Kemkominfo," pungkasnya.

Sekadar informasi, Pukul Guru Anda merupakan gim yang juga ada versi global dengan judul "Don't Whack Your Teacher". Saat membuka permainan, pemain akan diberikan peringatan bahwa konten dari gim ini mengandung adegan visual kekerasan dan brutal. Pemain akan menjadi "siswa" yang bertugas untuk memukul gurunya menggunakan berbagai macam objek yang berada di ruang kelas.

Gim ini menawarkan sistem naik level. Jika berhasil level up, pemain bisa menggunakan lebih banyak objek-objek lain yang ada di dalam kelas, seperti tongkat baseball, payung, dan vas bunga. Visualisasi dari gim ini cukup brutal, karena menghadirkan darah dan adegan-adegan yang tidak pantas disaksikan anak di bawah umur.