BREAKINGNEWS.CO.ID – Liverpool sukses menggusur posisi Chelsea dari puncak klasemen usai membantai Southampton dengan skor 3-0 pada laga lanjutan Premier League pekan keenam di Stadion Anfield, Sabtu (22/9/2018).

Mengahadapi Southampton di depan pendukungnya sendiri, The Reds bertekad kembali melanjutkan tren positif di Premier League sekaligus kembali mengambil alih puncak klasemen dari Chelsea.

Sejak awal pertama, Liverpool terus memberikan serangan ke kubu Southampton sejak menit awal babak pertama. Tidak ingin kalah, Southampton justru memiliki peluang pertama pada menit kesembilan melalui Ryan Bertrand. Namun solidnya lini belakang Liverpool masih mampu membendung serangan tim tamu.

Liverpool akhirnya bisa membuka keran gol melalui gol bunuh diri bek Wesley Hoedt pada menit ke-10. Berawal dari aksi Shaqiri di sisi kiri lapangan, tendangannya membentur Shane Long dan mengenai Hoedt yang langsung mengarah ke gawang Alex MacCarthy.

Pada menit ke-21, Liverpool bisa menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui bek Joel Matip. Berawal dari Tren Alexander-Arnold yang menjadi eksekutor tendangan sudut sukses memberikan umpan matang kepada Matip. Sundulannya pun mengarah ke sudut kanan gawang lawan tanpa bisa dibendung penjaga gawang Southampton.

Jelang babak pertama usai Liverpool kembali menambah gol melalui bomber andalan mereka Mohamed Salah di menit ke-45. Pemain asal Mesir ini sukses menyambar bola liar yang sebelumnya membentur tiang gawang.

Pada paruh kedua, sejumlah perubahan dilakukan Juergen Klopp. Selain memasukkan James Milner untuk menggantikan Xherdan Shaqiri, bek Virgil van Dijk juga ditarik keluar karena cedera dan digantikan oleh Joe Gomez.

Perubahahan taktik Liverpool ini pun nampaknya membuat tim tamu menjadi lebih dominan di babak ini. Tim asuhan Mark Hughes itu bisa lebih bermain lepas dan mengontrol pertandingan, sementara Liverpool nampak memilih menunggu untuk melakukan serangan balik.

Permainan Liverpool di paruh kedua ini tidak seagresif paruh pertama. Namun The Reds melalui Mohamed Salah sempat mencetak gol pada menit ke-89 usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Southampton. Namun sayangnya wasit Paul Tierney menganulir gol itu lantaran Salah berada dalam posisi offside.

Liverpool akhirnya menutup pertandingan dengan skor 3-0. Kemenangan tersebut sukses mengantarkan The Reds ke puncak klasemen sementara dengan unggul dua poin atas Manchester City dan tiga poin atas Chelsea.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Mohamed Salah, Jordan Henderson, Xherdan Shaqiri, Gerginio Wijnaldum, Sadio Mane; Roberto Firmino.

Southampton: Alex McCarthy; Cedric Soares, Jannik Vestergaard, Wesley Hoedt, Ryan Bertrand; Nathan Redmond, Mario Lemina, Oriol Romeu, Pierre Hojbjerg, Matt Targett; Shane Long.