BREAKINGNEWS.CO.ID – Gareth Southgate mengakui jika Timnas Inggris akan menderita saat mereka mencoba untuk melakukan evolusi ketika menjadi tim yang menerapkan permainan ball possession. Yang teranyar, The Three Lions harus menelan kekalahan 1-2 atas Timnas Spanyol di Stadion Wembley, London.

Di laga tersebut, Marcus Rashford sukses memberi Inggris keunggulan di awal babak pertama. Namun gol balasan dari Saul Niguez dan Rodrigo membuat tim Southgate kalah di laga pembuka UEFA Nations League. Menurut statistik, The Three Lions kalah dalam penguasaan bola 45%-55%.

Bersama Southgate, Inggris telah mencoba mengembangkan permainan mereka dan pelatih muda mereka bersikeras bahwa dia tak akan mengubah filosofi mereka dan kembali ke gaya permainan yang lebih langsung.

“Kami tidak berilusi bahwa Spanyol adalah tim yang lebih baik untuk periode besar dan brilian pada apa yang mereka lakukan tetapi kami berada di tahap awal dari apa yang kami coba lakukan,” ungkap Southgate.

“Mereka menekan dengan sangat baik dan kami butuh beberapa saat untuk mencari tahu dari mana tekanan itu datang dan menemukan solusi untuk itu. Kami melakukannya beberapa kali tetapi saat ini kami masih menemukan beberapa kesalahan mendasar ketika mencoba menarik lawan.”

“Sekarang kita punya pilihan. Kita bisa kembali ke gaya lama kita dan kita tidak akan pernah menjadi tim papan atas atau kita bisa terus berusaha melakukan apa yang kita lakukan dan menderita pada waktu tertentu.”

“Kami punya beberapa pemain yang bisa melakukannya, yang lain mampu meningkatkannya dan bagi saya itu cara yang saya yakini harus kami mainkan. Mereka memiliki sistem di Spanyol yang telah menghasilkan beberapa gelandang terbaik di dunia. Saat ini kami memiliki profil pemain yang berbeda, kami tidak bisa bermain seperti yang diinginkan.”

“Dengan beberapa pemain belakang kami, kami dapat memindahkan bola keluar dan setelah kami sedikit lebih bugar dan memiliki kebugaran pertandingan yang lebih baik, kami akan lebih bagus di lini serang dan kami harus tetap bekerja pada apa yang kami sedang berusaha melakukannya,” jelasnya.

Demi mengembalikan karakter permainan Inggris, Southgate merasa amat yakin jika timnya itu masih membutuhkan waktu agar membuat strategi yang ia terapkan ini bisa mematikan lawan-lawannya.

“Ini membutuhkan waktu. Kami telah menempuh perjalanan panjang dalam waktu singkat dan hari ini adalah ujian yang sulit melawan tim yang menekan seperti itu dan begitu baik dalam penguasaan bola,” sambungnya

“Saya pikir saat ini kita harus tetap dengan rencana, tetap dengan apa yang kita lakukan dan menjadi lebih baik dalam melakukannya.” pungkasnya.