BREAKINGNEWS.C0.ID – Si Black, sapi kurban dari Jokowi untuk warga Yogyakarta termasuk sapi istimewa. Sapi jenis simental ini dibeli oleh Presiden Joko Widodo dari peternak asal Sleman, Sulistiyo Hadi. Sapi ini akhirnya menjadi sumbangan Jokowi untuk masyakarat di Kompleks Kantor Kepatihan ke Masjid Nur Maunah, Gunungkidul.

Si "Black", sapi kurban ini dijual kepada dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 100 juta. Sapi seberat 1 ton ini selama ini selalu diberi perawatan intensif oleh pemilliknya, Sulistiyo Hadi, peternak asal Dusun Salam, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Sapi itu sudah dipelihara oleh Sulistyo sejak tiga tahun lalu. Selama itu ia selalu memperhatikan asupan makanan dan gizi dari sapi peliharaannya. Vitamin untuk si Black tak pernah lupa diberikan secara rutin. Sulistiyo juga biasa memberi makan ketela, ampas tahu, bekatul, dan folat.

Sapi ini juga diberi obat cacing agar sehat dan pertumbuhannya maksimal. "Ya senang, sudah dibeli Pak Presiden. Menjadi kebanggan tersendiri bagi saya. Dibeli dengan harga Rp 100 juta, dulu awal saya beli Rp 18,5 juta," katanya, Jumat (9/8/2019).

Sulistiyo juga sangat memperhatikan kebersihkan kandang sebab dengan kondisi kandang bersih, kesehatan sapi juga tetap terjaga. Sulistiyo memandikan sapi minimal dua kali sepekan.

Jokowi menyumbang dua sapi kurban di DIY. Khusus Si Black yang menjadi sapi banpres dengan seberat 1.180 kg secara simbolis diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X kepada Takmir Masjid Nur Maunah, Gunung Kidul.

Satu lagi sapi bantuan Jokowi jenis peranakan ongole (PO) dengan berat 1.037 kg diserahkan ke Takmir Masjid Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta. Penyerahan ini dilakukan di kompleks kantor Kepatihan, Yogyakarta.

Sapi yang besar itu memang trengginas. Bahkan butuh belasan orang untuk menaklukkan si Black, saat disembelih di Masjid Nurma'unah, Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta. Satu orang bahkan sempat mengalami luka ringan terkena sepakan kaki, Minggu (11/8/2019).

Saat diikat dengan tali, sapi yang masih meronta itu kaki belakangnya mengenai kaki kanan salah seorang warga hingga terjatuh. "Memang tadi ada insiden tersebut, sepakan sempat mengenai seorang pembegal dibagian kaki. Alhamdulillah tidak terjadi luka yang parah," kata Takmir Masjid Nurma'unah, Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan Sumarno, Minggu