BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-23 melakukan start gemilang di Asian Games 2018. Garuda Muda berhasil meraih kemenangan perdana Grup A melawan Chinese Taipei. Bermain di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Minggu (12/8/2018) malam, Timnas Indonesia menghajar lawannya 4-0. Empat gol kemenangan pasukan Luis Milla dicetak oleh Stefano Lilipaly, dua gol di menit ke-67 dan ke-76, sementara dua gol lagi oleh Alberto Goncalves di menit ke-71 dan Muhammad Hargiyanto pada injury-time. 

Tampil di depan puluhan ribu suporter, Timnas Indonesia bermain dengan tempo tinggi sejak menit awal. Sejumlah peluang berhasil didapatkan pada sepeluh menit awal. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang kurang matang membuat skor belum berubah. Sementara itu, Chinese Taipei lebih sibuk untul memperkuat pertahanannya.

Pada menit ke-25, Indonesia nyaris membuka keunggulan melalui Evan Dimas. Akan tetapi, tendangannya masih mudah dijinakkan kiper Chinese Taipei.

Lima menit berselang Timnas Indonesia kembali mendapatkan peluang melalui Irfan Jaya. Sempat terjadi kemelut di depan gawang Chinese Taipei. Akan tetapi, Irfan gagal memanfaatkannya menjadi gol.

Menit ke-39, Evan Dimas kembali mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di depan kotak penalti. Hanya saja, tendangannya masih bisa ditepis kiper Chinese Taipei. Skor pun tetap 0-0 hingga turun minum.

Lima menit babak kedua dimulai, Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas melalui Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi itu mendapatkan umpan matang dari lini tengah. Namun, ketika sudah satu lawan satu dengan kiper Chinese Taipei, tendangan Lilipaly justru melambung tinggi di atas gawang.

Chinese Taipei nyaris tanpa peluang. Timnas Indonesia benar-benar mengunci pertahanan Chinese Taipei. Usaha Indonsia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-67 melalui Stefano Lilipaly memanfaatkan tendangan bebas di depan kotak penalti. Pemain Bali United itu berhasil menanduk bola yang tak mampu ditahan oleh kiper Palestina.

Indonesia kembali menambah pundi-pundi golnya lima menit berselang. Kali ini melalui Alberto Goncalves yang memanfaatkan umpan manis dari Stefano Lilipaly. Tak sampai disitu, menit ke-76, Stefano Lilipaly kembali mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan akrobatiknya memanfaatkan umpan dari Rezaldi Hehanusa.

Ketika pertandingan akan berakhir 3-0, Indonesia kembali menambah keunggulan pada masa injury time melalui Muhammad Hargiyanto. Pemain Bhayangkara FC itu mencetak gol melalui tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Tak lama usai gol tersebut, wasit pun meniupkan pluitakhir, Indonesia pun menang dengan skor 4-0

Susunan Pemain

Indonesia: Anditany Ardhiyasa, I Putu Gede, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Zulfiandi, Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Febri Haryadi, Irfan Jaya, Albesto Goncalves.

Chinese Taipei: Wencieh Pan, Ruel Wang, Tingyang Chen, Hsiangche Huang, Chianghuang Yu, Hsiangwei Lee, Chaoan Chen, Hungwei, Minghsiu, Hungchih, Shaochieh Tu.