BREAKINGNEWS.CO.ID - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola Indonesia memastikan Liga 1 akan libur selama gelaran Asian Games yang bakal dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Adapun mulai dihentikannya pertandingan adalah pada pekan ke-21.

Paruh kedua (pekan ke-18) pada 27 Juli 2018 dan dilakukan setiap minggu hingga pekan ke-21. Nah, pada pekan ke 21 kompetisi akan libur total karena ada Asian Games," kata Berlinton Siahaan, Direktur Utama LIB saat rapat evaluasi putaran pertama Liga 1 2018 bersama seluruh perwakilan klub di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Tujuannya adalah untuk tim yang pemainnya tidak dipanggil timnas adalah bisa melakukan persiapan yang lebih baik. "Jadi para klub juga kan ada pemain yang dibawa ke timnas jadi pasti yang tak ikut akan berlatih lebih baik selama satu bulan," ungkapnya.

Liga 1 2018 Lebih Baik dari Sebelumnya

Lebih lanjut, Berlinton Siahaan mengungkapkan bahwa Liga 1 2018 berjalan lancar dan bisa dibilang lebih baik daripada musim-musim sebelumnya. Karena, respon dari klub peserta secara keseluruhan positif. "Tidak ada hal-hal urgent yang perlu dibahas. Ditambah dengan peningkatannya cukup luar biasa baik dari segi penonton, dan mutu pertandingan," ujar Berlinton.

"Tentu kami sebagai operator akan mempertahankan itu. Mudah-mudahan di paruh musim kedua nanti akan lebih baik dari paruh pertama," tambahnya.

Berlinton menambahkan, protes klub terhadap wasit juga berkurang. Dikatakannya, hingga paruh musim ini hanya ada tiga laporan yang masuk kepadanya. "Meski hanya ada tiga kasus. Kami akan perbaiki lagi. Supaya pada putaran kedua nanti bisa berjalan lebih baik lagi.

Di sisi lain, putaran pertama Liga 1 2018 sebenarnya masih menyisakan satu pertandingan lagi yakni Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung. Sejatinya, pertandingan tersebut bakal digelar pada 14 Mei 2018. Akan tetapi terpaksa ditunda akibat adanya aksi terorisme di Kota Pahlawan. Sehingga partai tersebut harus baru bisa digelar pada Kamis (26/7) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Sementara itu, Pucuk klasemen Liga 1 sejauh ini masih menjadi milik Barito Putera dengan 28 poin. Akan tetapi, Persib Bandung masih memiliki kesempatan untuk menjadi juara paruh musim. Karena, Supardi Nasir dan kawan-kawan saat ini hanya terpaut dua angka dari Laskar Antasari. Artinya, kemenangan akan membuat Persib menggeser posisi barito Putera.