SEMARANG - Sebanyak 1.228 pemudik dan 572 motor yang diangkut kapal Tol Laut KM Dobonsoloyang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kapal tiba di perairan pelabuhan Tanjung Emas sekitar pukul 08.00 WIB pada Minggu (10/6/2018). Keberangkatan mereka sudah dilakukan sejak Sabtu (9/6) dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid mengatakan kapal pembawa pemudik gratis akan terus datang hingg H-1 Lebaran atau hari Kamis (14/6) mendatang. "Ada total 17 kapal besar untuk mudik gratis. Satu diantaranya dari pihak swasta," kata Wahid.

Sepeda motor yang diturunkan sendiri oleh pemiliknya langsung berkumpul di dekat badan kapal. Sebelum diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan ke rumah mereka masing-masing, terlebih dahulu para pemudik tersebut didata. Salah satu Pemudik, Subandi (54) mengatakan menurutnya cukup praktis bisa ikut mudik gratis dari BUMN itu. Ia tidak lelah dan cukup melanjutkan perjalanan dari Semarang ke Karangawen yang tidak terlalu jauh. "Tahun lalu ikut, dapat info dari kantor," katanya.

Selain itu, sebanyak 4 kapal yang juga membawa pemudik gratis telah bersandar di Pelabuhan Taanjung Emas. Keempat kapal tersebut yakni KM Kelimutu, Kirana, Egon, dan Dobonsolo.