JAKARTA - Piala Dunia 2018 segera dimulai. Pertandingan pembuka akan mempertemukan ruan rumah Rusia dengan Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) pukul 22:00 WIB.  Tampil sebagai tuan rumah, jelas Rusia sangat diunggulkan untuk mencuri poin sempurna pertama untuk menentukan langkah selanjutnya. Akan tetapi, Arab Saudi tak bisa diremehkan begitu saja. Sebab, mereka jelas tampil tanpa beban. Sejak undian fase grup di lakukan beberapa waktu yang lalu, tim yang mewakili Asia ini memang sama sekali tak diunggulkan.

Status itu bisa membuat mereka tampil lepas.  Rusia memasuki pertandingan dengan kekuatan penuh. Hanya saja, mereka terganggu dengan catatan selama pertandingan uji coba dengan tidak sama sekali meraih kemenangan. Sedangkan Arab Saudi bermain bagus dengan hanya kalah tipi 1-2 dari Jermann.  Rusia melewati proses kualifikasi sebagai tuan rumah turnamen, adalah peringkat terendah dari 32 tim, setelah gagal maju melewati babak penyisihan grup dari setiap turnamen sejak 2008.

Ada masalah di luar lapangan, dengan laporan perselisihan antara pemain dan pelatih. Rusia telah mengalami lima pertandingan tanpa kemenangan beruntun sejak mengalahkan Korea Selatan pada Oktober 2017. 

Sementara Arab Saudi bongkar pasang pelatih.   Arab Saudi telah memecat dua pelatih sejak kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2018. Juan Antonio Pizzi baru-baru ini ditunjuk untuk memimpin tim, yang keluar putaran kedua pada 1994 adalah penyelesaian terbaiknya. Pizzi mengambil alih setelah gagal membawa Chili ke Piala Dunia melalui babak kualifikasi. 

Pemain Kunci  Fedor Smolov (Rusia) 

Smolov adalah salah satu pemain penting Rusia di Piala Dunia 2018. Hal itu terbukti dengan diberikannya nomor punggung 10 kepada pemain Krasnodar itu. Secara penampilan, Smolov memang patut diandalkan. Sejauh ini penyerang berusia 28 tahun itu sudah memiliki 32 caps dengan torehan 12 gol. Mungkin saja catatan itu akan bertambah di laga perdana Piala Dunia 2018 nanti.

Mohammed Al-Sahlawi (Arab Saudi) 

Al-Sahlawi adalah penyerang tertajam dan paling pengalaman yang dimiliki Arab Saudi saat ini. Dengan usia 31 tahun serta catatan gol 28 gol dari 32 caps yang ia miliki, Al-Sahlawai terlihat efektif dan bisa diandalkan. Namun, tentu saja Al-Sahlawi tak bisa bekerja sendirian. Kinerjanya di lini depan The Green Falcon akan sangat bergantung pada dukungan pemain dari sayap. 

Peringkat FIFA Arab Saudi Lebih Unggul 

Secara kekuatan dan kualitas, baik Arab Saudi dan Rusia memiliki materi yang seimbang. Hanya saja, pengalaman yang lebih baik membuat Arab Saudi layak untuk lebih diunggulkan dalam pertandingan kali ini.  Piala Dunia kali ini merupakan yang pertama bagi Arab Saudi setelah kali terakhir berpartisipasi pada 2006. Sebelumnya Arab Saudi selalu lolos ke Piala Dunia secara beruntun sejak edisi 1994 sampai 2006. Kembali tampil di Piala Dunia membuat Arab Saudi ingin membuktikan kualitas mereka.

Melawan tuan rumah di laga perdana menjadi momen tepat bagi Arab Saudi untuk unjuk gigi.  Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018 Peringkat FIFA Arab Saudi (67) yang berada di atas Rusia (70) menjadi salah satu keunggulan tim tamu. Kendati bermain di hadapan suporter tuan rumah, rasanya skuat Arab Saudi tidak akan gentar dan tetap bisa memberikan perlawanan dengan mengandalkan kecepatan yang mereka miliki.