BREAKINGNEWS.CO.ID - Beragam formulasi destinasi disiapkan oleh industri pariwisata Sulawesi Selatan (Sulsel). Negeri Para Daeng ini pun siap menyambut invasi wisatawan Malaysia khususnya dari Sabah. Mereka bahkan sudah menyiapkan aneka value yang menggiurkan industri pariwisata.

Angin segar diberikan Kemenpar bagi industri pariwisata Sulsel. Program Indonesia Tourism Table Top (ITTT) Sales Mission Makassar for Tawau Market ternyata direspon positif, Selasa (6/11). Seller lokal mencapai kesepakatan bisnis dengan buyers dari Tawau, Sabah, Malaysia. Sejalan progress positif di atas meja, formulasi terbaik juga disiapkan pengelola destinasi. Mereka ready menguatkan network bisnis ini. “Kami siap menyambut kehadiran wisatawan dari Tawau, Sabah. Trans Studio Makassar ini destinasi terbaik. Ada banyak wahana yang ditawarkan. Semua lapisan usia juga bisa bermain di sini. Yang jelas, kami siap bersinergi dengan para TA/TO,” ungkap Head of Marcom Trans Studio Theme Park Makassar Gemi Nastiti, Rabu (7/11/2018).

Beragam formulasi terbaik sudah disiapkan Trans Studio Theme Park Makassar. Kebijakan special rate akan diberikan kepada TA/TO yang mengantarkan wisatawan. Besaran prosentase potongan diskonnya pun terbuka dinegosiasikan. Tinggal memasukan Trans Studio Theme Park Makassar ini ke dalam paket wisata yang ditawarkan kepada wisatawan Tawau. “Trans Studio Makassar ini potensial bagi wisatawan Tawau. Mereka akan mendapatkan experience luar biasa di sini. Untuk itu, kami siap bekerjasama dengan para TA/TO. Potongan harga pasti akan diberikan dengan prosentase tergantung kesepakatan. Alangkah baiknya Trans Studio ini dimasukan dalam paket wisata. Harga tersebut nantinya sudah include dengan tiket masuk di Trans Studio Makassar,” katanya.

Mendukung pengembangan pariwisata Sulsel, beragam kemudahan pun telah diberikan. Trans Studio Theme Park Makassar saat ini memberikan diskon 20% kepada Traveloka. Memberikan kenyamanan, gate khusus diberikan sehingga pelanggan Traveloka tidak perlu mengantri. Kemudahan juga diberikan bagi pengguna Telkomsel. Tiket masuk bisa diambilkan dari kebijakan potong koin.

“Kami banyak memberikan kemudahan. Pengunjung akan puas bila berada di sini. Sebab, Trans Studio Makassar ini memiliki wahana menarik dan menantang,” jelas Nastiti lagi.

Menawarkan adrenalin terbaik, Trans Studio Theme Park Makassar pun telah dikunjungi peserta ITTT Sales Mission Makassar asal Tawau, Rabu (8/11). Para TA/TO plus media ini pun mengekplorasi berbagai wahana yang ada. Theme Park ini memiliki sekitar 22 wahana yang terbagi dalam beberapa zona. Ada zona Studio Central, Lost City, Cartoon City, dan Magic Corner. “Kapasitas besar dimiliki Trans Studio Makassar. Sebab, kami memiliki target sekitar 1.500 pengunjung di setiap harinya. Optimalisasi kunjungan terjadi di akhir pekan dan hari liburan,” tuturnya.

Serupa Trans Studio Theme Park Makassar, regulasi sama juga diberlakukan destinasi Bugis Water Park. Mendapat kujungan TA/TO dan media Tawau, Selasa (7/11), manajemen Bugis Water Park akan memberi diskon 50%. Potongan harga tiket masuk bisa dinikmati industri pariwisata. Marketing Communication Bugis Waterpark Yunita Nursetia mengatakan, diskon besar sudah disiapkan. “Diskon tiket masuk 50% akan diberikan kepada TA/TO. Yang penting ada kerjasama dan MoU lebih dahulu. Kami siap bekerjasama dengan TA/TO manapun. Nanti draft kontrak kerjasama akan diberikan kepada TA/TO. Silahkan membuat penawaran,” tegas Yunita.

Harga tiket Bugis Water Park direntang Rp150 ribu hingga Rp200 ribu. Pesona besar ditawarkan oleh Bugis Water Park. Buktinya, destinasi ini telah dikunjungi 13.000 orang di sepanjang Oktober 2018. Bugis Water Park juga memiliki 17 playing ground. Daya tarik diantaranya itu Kollang Bombang, yaitu kolam ombak dengan ketinggian sampai 4 meter. Variasi ombaknya ada 6. “Bukan hanya menarik kunjungan wisatawan Tawau, tapi destinasi juga sudah siap. Selain teknis atraksi, mereka juga siap berkolaborasi dengan TA/TO. Semua ini sama-sama menguntungkan. Usai rangkaian program ini selesai, arus masuk wisatawan Tawau ke Makassar sudah bisa dilakukan,” jelas Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani.

Selain kedua destinasi tersebut, Makassar juga memberikan banyak pilihan. Wisatawan Tawau bisa juga menikmati wisata religi dan sejarah. Program city tour yang digelar Rabu (8/11) memberikan gambaran jelas. Buyers dan media Tawau diajak mengekplorasi Museum Balla Lompoa dan Benteng Rotterdam. Mereka juga berkunjung ke Kompleks Makam Sultan Hasanuddin hingga Masjid Tua Al Hilal. “Ada banyak pilihan yang bisa dinikmati wisatawan Tawau saat berkunjung ke Makassar dan sekitarnya. Semuanya menarik. Sebab, Sulsel ini kaya destinasi terbaik. Wisata belanjanya juga luar biasa dengan ragam pilihan,” tutur Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni.

Bagaimana kulinernya? Peserta city tour program ITTT Sales Mission Makassar asal Tawau juga diajak mencoba beragam sajian terbaik. Selain sea food khas Sulsel, mereka juga menikmati sop konro. Peserta juga diajak menikmati kekayaan lain berupa kuliner khas Sunda. Setelah mengekplorasi Makassar, para peserta lalu berkunjung ke Toraja.

 

“Baik secara teknis dan non teknis, destinasi di sini sudah siap. Makassar menawarkan experience baru kepada wisatawan Tawau. Apa yang tidak ada di sana, bisa dinikmati di Makassar dan sekitarnya. Kami berharap, momentum ini bisa dioptimalkan. Ada banyak value bisnis dari sini,” ungkap Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono.

Kolaborasi besar industri pariwisata dengan beragam gula-gulanya diacungi jempol Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan jadi #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok menegaskan, poros Tawau-Makassar memiliki kedekatan emosional lantaran status etnis Bugis. “Ada banyak etnis Bugis yang menetap di Tawau. Ini akan jadi potensi besar menjanjikan. Makassar juga menjanjikan sisi lain yang berbeda. Pokoknya ada banayak hal baru yang bisa dinikmati wisatawan asal Tawau bila ke Makassar atau Sulsel,” tutupnya.