JAKARTA - Perayaan HUT ke-43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) jatuh pada tanggal 22 April 2018. Setiap tahunnya, selalu ada kejutan bagi penggunjung yang ingin menikmati keindahan dan kebudayaan Nusantara. Jika sebelumnya tiket masuk bayar, kini manajemen TMII akan memberikan akses masuk gratis bagi pengunjung, khusus pada even ini.
 
Selain tiket gratis, di TMII juga akan digelar berbagai pagelaran pesta budaya selama satu pekan. Tiket masuk gratis tersebut terhitung sejak tanggal 16-19 April 2018 berlaku untuk dua orang per karcis. Diskon tersebut berlaku terhitung mulai pukul 06:00 WIB - 22:00 WIB setiap hari. Ketua Umum Panitia HUT ke-43 TMII, Jaya Purnawijaya mengatakan, perayaan ulang tahun akan dimulai pada 15 April hingga 22 April 2018.

Taman Mini Indonesia Indah.



“Memasuki usia 43 tahun pada tanggal 22 April 2018, kami menggelar berbagai acara, dengan tema yang diusung pada Gebyar Pesta Budaya Nusantara adalah ‘Taman Mini Indonesia Indah Sebagai Wajah Budaya Indonesia’,” kata Jaya dalam siaran pers, Selasa (17/4/2018).

Jaya menambahkan, panitia HUT TMII mengusung tema itu karena TMII dianggap sebagai salah satu taman rekreasi pengusung tema kebudayaan yang sangat kental, di mana misinya adalah untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan di Indonesia sehingga masyarakat dapat menghargai kebudayaan.

Bagaimanapun, salah satu hal yang dibanggakan oleh bangsa Indonesia ialah kebudayaannya. Melalui pesta budaya nusantara itu juga, Jaya menuturkan, pihaknya ingin mengangkat khasanah budaya Indonesia oleh karena itulah TMII akan menampilkan beragam pentas kesenian.

“Melalui tema budaya nusantara ini, kami ingin mengangkat budaya dari Aceh hingga Papua. Kita, bangsa Indonesia, kaya akan budaya. Esensinya memuliakan seni dan budaya. Dengan semangat ini kami akan angkat budaya jadi jiwa bangsa,” paparnya.

Menurut Jaya, pagelaran tersebut akan menyajikan beragam acara menarik, di antaranya olahraga, bakti sosial, seni budaya, kuliner nusantara, expo nusantara, bursa wedding, lomba burung kicau, workshop reptil, dan putri expo.

Pihak TMII juga telah memberikan surat edaran khusus yang sudah ditandatangani oleh Direktur Utama, Tanribali Lamo. Dalam surat tersebut, disebutkan seluruh wahana dan unit rekreasi di TMII memberikan harga khusus per tiket yang berlaku untuk dua orang. Sementara kendaraan yang masuk ke TMII pada tanggal tersebut tetap harus membayar karcis sesuai ketentuan yang berlaku.

"Karcis pintu masuk TMII diberikan bebas biaya (gratis) pada tanggal 20 April 2018, terhitung mulai pukul 06.00 WIB s.d 16.00 WIB," demikian keterangan dari surat edaran resmi manajemen TMII yang dikutip, Selasa (17/4/2018). 

Sementara itu, pada Jumat (20/4/2018), manajemen TMII akan menggratiskan harga tiket masuk TMII mulai pukul 06.00 WIB-16.00 WIB. "Sedangkan untuk kendaraan tetap membayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku," bunyi surat edaran tersebut. Selain itu, pada Jumat (20/4/2018), manajemen TMII juga memberikan harga khusus untuk seluruh wahana unit rekreasi di lingkungan TMII mulai pukul 09.00 WIB-16.00 WIB. Satu tiket ini berlaku untuk dua orang.