BREAKINGNEWS.CO.ID - Setiap anak berusia dibawah 18 tahun berhak dilindungi sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. Ini kabar yang menyenangkan untuk anak anak. Boleh dibilang Bulan Juli merupakan bulannya anak-anak karena setiap tanggal 23 Juli, Indonesia memperingati Hari Anak Nasional.

Peringatan Hari Anak Nasional yang diperingati sebagai bentuk kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) berharap gaung peringatan Hari Anak tahun ini kian terdengar hingga pelosok nusantara.

Tahun ini, puncak peringatan Hari Anak Nasional akan diadakan secara besar-besaran oleh KPPA dengan mengundang ribuan anak dari seluruh Indonesia. Untuk itu, KPPA akan bekerja sama dengan kementerian lainnya akan menyelenggarakan Hari Anak Nasional (HAN), dengan tema yang diusung adalah anak Indonesia anak GENIUS (Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat)

Hal ini disampaikan Yohana Yembise selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, tema ini juga dikaitkan dengan penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games, di mana Indonesia sebagai pihak tuan rumah.

“Melalui tema yang diangkat tahun ini, saya berharap anak Indonesia dapat menjadi anak yang sehat, bahagia dan aman. Selain itu sejalan dengan akan digelarnya Asian Games 2018, anak juga dapat berolahraga, beraktivitas di luar ruangan, belajar sportivitas sehingga dapat terhindar dari pengaruh lingkungan yang negatif,” papar Yohana dalam acara siaran media “Forum Anak Nasional (FAN) dan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018” ujar Yohana Yembise dalam keterangan tertulis, Rabu (16/7/2018).

Puncak acara peringatan HAN ini sendiri disebutkan akan digelar di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur dan akan dihadiri oleh sekira 3000 anak dan 500 orang dewasa, yang mana ribuan anak-anak ini terdiri dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak kecil yang masih duduk di bangku PAUD (Pendididikan Anak Usia Dini)

Sebanyak 180 kepala daerah dikabarkan akan hadir dalam malam penghargaan yang merupakan rangkaian acara Hari Anak Nasional. Malam penghargaan akan dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, akan diberikan penghargaan untuk daerah-daerah yang dinilai ramah anak.

Selain kepala daerah, acara Hari Anak Nasional juga akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. “Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan akan menghadiri puncak acara tersebut sekaligus mewawancarai 5 perwakilan anak Genius yang berprestasi di bidangnya masing-masing,” kata Yohana.