BREAKINGNEWS.CO.ID - Ryan Kurniawan patut berbangga. Begitu juga dengan Lu putu Inggita Shanty. Bagaimana tidak keduanya dinobatkan sebagai Putera dan Puteri Maritim 2018. Rian adalah wakil dari Sulawesi Selatan. Sementara Inggita hadir mewakili Bali. Selain mereka berdua, ada 65 kontestan dari 29 provinsi dalam gelaran yang didukung Kementerian pariwisata dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman itu.

Perjuangan keras dan panjang dilalui kontestan. Sejak karantina hingga panggung Grand Final. Sebab, kapabilitas para kontestan diuji secara ketat oleh dewan juri. Semua aspek dilihat. Bukan hanya kecerdasannya, tapi juga attitude-nya secara menyeluruh.

Selama 10 hari, seluruh finalis disuguhkan dengan berbagai macam pembekalan oleh para pembina dan pelatih dalam pendidikan dan latihan yang diadakan di Satuan Komando Pasukan Katak TNI AL di Pondok Dayung, Koarmada 1, Jakarta Utara. hal inilah yang membuat ajang pemilihan ini benar-benar berbeda dengan pemilihan putera dan puteri lainnya di Indonesia.

Senin malam, 1 Oktober 2018, menjadi puncak dari rangkaian Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2018. Malam Grand Final Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 ini diadakan di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan juga dihadiri oleh Bapak Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata serta Bapak Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Para juri yang terdiri dari Bapak Dr. Ir Safri Burhanuddin, DEA. Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Ibu Dra. Manik Pujianti, Istri Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Ibu Poppy Amalya, Psikolog sekaligus Motivator, Ibu Endang Sri Hariyatie, Istri Menteri Perhubungan dan Mahendra Adji Pratama, wakil dari Yayasan Putera Puteri Maritim telah menetapkan Luh Putu Inggita Santy, perwakilan Puteri Maritim asal Provinsi Bali dan Ryan Kurniawan, perwakilan Putera Maritim asal Provinsi Sulawesi Selatan sebagai pemenang Putera dan Puteri Maritim Indonesia 2018.

Inggita dan Ryan kini membawa amanah yang besar untuk mendorong generasi muda bangsa Indonesia untuk sama-sama berjuang memajukan maritim Indonesia.

Malam Grand Final ditutup dengan pidato dari Bapak Luhut yang berpesan kepada para Putera-Puteri Duta Maritim Indonesia untuk bekerja secara profesional dengan hati dan mensyukuri apapun yang diterima. Harus berani mengatakan benar kalau memang benar dan katakan salah kalau memang itu salah, tambah Bapak Luhut diakhir pidatonya.

Kegiatan Penyelenggarakan Pendidikan dan pelatihan Putera Puteri Maritim Indonesia secara resmi ditutup pada, Selasa (2/10/2018). Upacara penutupan kegiatan di pimpin oleh Kolonel Marinir Muhammad Supriyatna selaku Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IIIserta dihadiri oleh Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Surya Wiranto. SH MH selaku Ketua Panitia PPMI 2018.

Terlaksananya rangkaian kegiatan Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2018 ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Luar Negeri, BNN dan juga Bank BRI.

Berikut daftar lengkap pemenang Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2018:

PUTERA MARITIM INDONESIA 2018:
RYAN KURNIAWAN (SULAWESI SELATAN)

PUTERI MARITIM INDONESIA 2018:
LUH PUTU INGGITA SANTY (BALI)

RUNNER-UP 1 PUTERA MARITIM INDONESIA 2018:
MUHAMMAD ARINDA U. (BANGKA BELITUNG)

RUNNER-UP 1 PUTERI MARITIM INDONESIA 2018:
AMI SEPTIAN PRATIWI (BENGKULU)

RUNNER-UP 2 PUTERA MARITIM INDONESIA 2018:
GILANG AKBAR AZANDI (BENGKULU)

RUNNER-UP 2 PUTERI MARITIM INDONESIA 2018:
NOVITA SARI (SUMATERA BARAT)

PUTERA MARITIM INDONESIA IPTEK 2018:
I GEDE MERTA YOGA P. (BALI)

PUTERI MARITIM INDONESIA IPTEK 2018:
INGGRID DEBORA (JAMBI)

PUTERA MARITIM INDONESIA LINGKUNGAN 2018:
OKTARA ROBERTO (SUMATERA BARAT)

PUTERI MARITIM INDONESIA LINGKUNGAN 2018:
NADYA SEPTA AFRIANTI (BENGKULU)

PUTERA MARITIM INDONESIA PARIWISATA 2018:
RIANSYAH SIGIT KURNIAWAN (SUMATERA UTARA)

PUTERI MARITIM INDONESIA PARIWISATA 2018:
ADELIA HILMA SUGIANTO (JAWA BARAT)

PUTERA MARITIM INDONESIA FAVORIT 2018:
SAHUR RAMADHAN (SULAWESI TENGGARA)

PUTERI MARITIM INDONESIA FAVORIT 2018:
DEA AYU LESTARI (SUMATERA BARAT)

PUTERA MARITIM INDONESIA PERSAHABATAN 2018:
PUTRA SABAR HOTMAN SIHOMBING (KEPULAUAN RIAU)

PUTERI MARITIM INDONESIA PERSAHABATAN 2018:
VIRSTA SAFIRA ATMAYANDA (JAWA TIMUR)