BREAKINGNEWS.CO.ID - Menjelang pemilihan umum (pemilu) serentak 2019, partai politik (parpol) mulai menyusun strategi pemenangan. Salah satunya dengan merekrut publik figur yang memiliki popularitas tinggi untuk mendulang suara. Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 tercatat sejumlah artis menjadi jagoan dari sejumlah partai politik.

Menurut beberapa partai, kehadiran artis di pertarungan Pileg 2019 itu dimaksudkan untuk menjadi perebut suara masyarakat. Mereka akan mewarnai pendaftaran bakal caleg DPR periode 2019-2024.

Di hari terakhir pendaftaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan sebanyak 16 partai mengajukan bakal caleg di ajang Pemilihan Legislatif 2019 (Pileg 2019). Dari 16 kontestan Pemilu 2019 mendatang, ada 54 orang bacaleg yang merupakan kalangan artis.

Berikut deretan nama artis yang berpeluang maju menjadi anggota legislatif dalam Pileg 2019 mendatang. Dari partai Nasdem ada 25 nama artis yakni, Syahrul Gunawan, Nurul Qomar, Diana Sastra, Krisna Mukti, Lucky Hakim, Olla Ramlan, Farhan, Conny Dio, Della Puspita, Mandra, Tessa Kaunang, Okky Asokawati, Manohara, Adly Fayruz, Lucky Perdana, Cut Meyriska, Jonathan Frizzi, Bertrand Antolin, Annisa Bahar, Nafa Urbach, Vicky Shu, Kristina Iswandari.

Sedangkan dari PDIP ada 10 nama artis yang akan terjun ke dunia politik,  Krisdayanti, Ian Kasela, Jeffry Waworuntu, Harvey Malaiholo, Lita Zein, Kirana Larasanti, Chicha Koeswoyo, Iis Sugianto, dan Angel Karamoy. Dari Partai Demokrat ada dua nama artis yang berencana maju yakni Dina Lorenza dan Jane Shalimar.

Dari Partai Perindo ada empat nama yakni Reza Artamevia, Charly Van Houten, Angel Lelga dan Andi Arsyil Rahman. Sedangkan dari Partai Berkarya ada empat nama artis yang juga akan bertarung dari Partai yang didirikan Tommy Soeharto itu yakni Raslina Rasidin, Donny Kusuma, Annisa Trihapsari, dan Sultan Djorghi.

Dari Partai Gerindra sendiri ada Nama Ahmad Dhani yang akan maju di Pileg 2019 mewakili Dapil Jawa Timur, Sedangkan dari Partai Solidaritas Indonesia ada nama vokalis Nidji, Giring Ganesha yang juga akan bertarung di Pileg 2019 mendatang. Partai Kebangkitan Bangsa sendiri setidaknya ada tujuh orang nama artis yakni Tommy Kurniawan, Herman gitaris Seventeen, Ivan vokalis Seventeen, Saleh Said Bajuri, Sundari Sukoco, Arzeti Bilbina, dan Zora Vidyanata.