BREAKINGNEWS.CO.ID- Anggota DPR dari Fraksi PAN, Intan Fauzi, mengingatkan seluruh anak bangsa agar hati-hati dengan politik pecah belah yang bisa muncul menjelang Pemilu 2019. Dampak dari politik seperti itu, dinilai bisa meruntuhkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Menjelang perhelatan akbar nasional Pilpres 2019, kematangan demokrasi kita tengah diuji. Persatuan dan kesatuan anak bangsa semakin tergerus. Perbedaan haluan dan pilihan politik membuat hubungan antar anak bangsa terancam. Padahal, dalam iklim negara demokrasi, perbedaan politik merupakan hal wajar. Kita jangan sampai terjebak dengan politik pecah belah," kata Intan dalam diskusi bertema "Waspada Politk Pecah-Belah Pilpres 2019" di Jakarta, Kamis (6/12).
 
Intan menjelaskan, harus disadari bersama politik pecah belah akan selalu digunakan oleh bangsa lain. Tujuannya, agar bangsa ini terbagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Setelah menjadi kecil, maka gampang dikuasai karena sudah lemah.
 
"Kekuatan asing bisa masuk melalui kelompok mana saja, baik organisasi kemasyarakatan maupun organisasi keagamaan. Mereka akan terus-menerus menebarkan permusuhan antar sesama anak bangsa, provokasi, isu. Pada akhirnya kita akan saling curiga satu sama lain," jelas anggota Tim Kampanye pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ini.
 
Intan menambahkan, pihaknya menyerukan kepada seluruh anak bangsa agar bersama-sama menjaga pesta rakyat lima tahunan tahun depan. Menurutnya, Pilpres hendaknya tidak memicu perpecahan, saling hujat dan caci-maki. Jangan karena Pilpes atau Pileg, antar sesama anak bangsa bertikai dan bermusuhan.
 
"Jadilah pemilih yang cerdas, jangan jadi pemilih yang emosional. Mari kita kenali siapa musuh kita yang sebenarnya. Siapa yang berkepentingan untuk terus menciptakan polemik antar masyarakat. Itu yang perlu kita sadari," tutup Intan.