BREAKINGNEWS.CO.ID- Pilkada serentak telah dihelat pada Rabu (27/6/2018) kemarin. Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate berharap masyarakat segera melakukan rekonsiliasi. Pasalnya kata Johnny, demokrasi merupakan alat untuk memilih pemimpin. 
 
"Kita harapkan masyarakat sudah menyampaikan pilihannya kemarin di TPS. Setelah selesai itu maka kami berharap tetap ada rekonsiliasi di daerah daerah. Karena demokrasi ini kan alat untuk memilih pemimpin," ujar Johnny kepada BreakingNews.co.id, Kamis (28/6/2018). 
 
Sementara tugas pemimpin terpilih kata Johnny harus bekerja untuk pembangunan daerah. Sebab Rekonsiliasi kata Johnny dilakukan agar proses pembangunan itu dapat berjalan dengan baik.  "Lalu pemimpin nanti harus bekerja untuk pembangunan masyarakat, pembangunan daerah. Rekonsiliasi agar proses pembangunan itu dapat berjalan dengan baik setelah nanti penetapan pemimpin terpilih. Jangan sampai nanti telat move on-nya kalau pakai bahasa anak zaman now. Move on-nya jangan terlambat supaya pemerintahan itu bisa cepat berjalan kalau move on-nya cepat," jelasnya. 
 
Apalagi kata Johnny hasil pilkada tersebut yang menang adalah rakyat sendiri. Sementara kemenangan pemimpin kata Johnny setelah selesai memimpin dan menjalankan amanah tersebut dengan baik yang alhasilnya rakyat senang. 
 
"Yang menang ini rakyat. Sedangkan pemimpinnya ini setelah ditetapkan ini baru mulai bekerja. Yang kemenangan pemimpinnya nanti setelah dia selesai, rakyatnya senang. Di situlah kemenangan sesungguhnya dari pemimpinnya," tukasnya. 
 
Diketahui, Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 171 daerah di Indonesia pada Rabu (27/6/2018) sukses dilaksanakan. Meskipun penghitungan real time Komisi Pemilihan Umum belum final, sejumlah lembaga survei sudah memberikan gambaran pasangan calon kepala daerah mana yang menang dalam Pilkada Serentak 2018.
 
Gambaran ini diketahui berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count. Berdasarkan perhitungan itu, terlihat sejumlah partai yang terbilang sukses menjadi partai pengusung dalam Pilkada Serentak 2018. Partai Nasdem bisa dikatakan meraih banyak kemenangan dalam pilkada tingkat provinsi. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengklaim memenangi pilkada di 11 provinsi.
 
Apresiasi
 
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), panitia penyelenggara Pemilu daerah, aparat kepolisian, dan Tentara Nasional Indonesia yang telah mengamankan jalannya Pilkada serentak pada Rabu, 27 Juni 2018 kemarin. Bambang juga mengapresiasi terhadap seluruh masyarakat Indonesia yang telah melaksanakan haknya memilih sehingga penyelenggaraan Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman dan lancar. 
 
Bambang meminta Komisi II DPR mendorong KPU, KPUD, Bawaslu, dan Panwaslu di seluruh daerah untuk melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pilkada dan pendistribusian surat suara. "Guna menghasilkan Pilkada yang berkualitas serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah," ujar Bambang di Jakarta, Kamis (28/6/2018).