BREAKINGNEWS.CO.ID - Piala Dunia 2018 telah rampung digelar pada 15 Juli 2018. Prancis dinobatkan sebagai juara setelah mengalahkan Kroasia pada partai final di Stadion Luzhinki, Moskow, dengan skor 4-2. Selama sebulan penuh seluruh pecinta sepak bola di dunia disajikan aksi-aksi ciamik dari para aktor rumput hijau. Piala Dunia hadir dan langsung menyihir seperti candu bagi setiap penonton. Baik yang datang langsung ke Rusia maupun melihat tayangan televisi. Jika tak puas, ada yang melihat cuplikan di media sosial seperti facebook, youtube, twitter, maupun instagram.

Baru-baru ini, FIFA merilis interaksi pada platformnya selama sebulan penuh. Khususnya yang terjadi selama Piala Dunia. FIFA mencatat, setidaknya selama 14 Juni hingga 15 Juli terdapat 7,6 miliar interaksi di sejumlah platform milik mereka.

Berikut Rinciannya

Peringakat pertama aplikasi olahraga di 128 Negara

Sebagai induk federasi sepak bola dunia dan pemilik hajatan, tak berlebihan rasanya jika aplikasi FIFA menjadi tujuan pertama seluruh orang di dunia untuk mencari informasi terbaru tentang hal-hal yang menarik di even empat tahunan itu. Jelas saja, seluruh orang mencari tahu berita tersebut melalui FIFA.

Fifa.com situs web sepak bola nomor satu di dunia

Sama seperti di atas, fifa.com tentunya menjadi tujuan pertama para pemburu berita terbaru seputar Piala Dunia. Baik itu, catatat menarik sepanjang sejarah, isu-isu tentang tim peserta, pemain, pelatih dan lainnya.

Sebanyak 25 juta penonton hadir langsung di stadion selama Piala Dunia 2018

FIFA memastikan Piala Dunia 2018 dihadiri oleh 25 juta orang. Rata-rata setiap pertandingan dipenuhi oleh 97 persen dari total kapasitas stadion. Tuan rumah menjadi negara dengan pembeli tiket terbanyak lewat sepertiga dari total keseluruhan atau 871.797 orang.

Di bawah Rusia, warga Amerika Serikat ternyata jadi penghuni peringkat kedua. Meskipun tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, ada 88.825 orang asal Negeri Paman Sam yang sudah membeli tiket. Peringkat ketiga penonton terbanyak yang membeli tiket Piala Dunia 2018 Rusia berasal dari Brasil lewat 71.512 orang, disusul Kolombia (65.234 orang) dan Jerman (62.541 orang). Meksiko menjadi negara yang duduk di posisi keenam dengan jumlah 60,302 orang.

Sebanyak 383 juta penggemar terlibat di facebook

FIFA mengabarkan Komunitas fans bola di seluruh dunia menggunakan Facebook untuk mendukung turnamen yang berlangsung selama satu bulan ini. Facebook mencatat, secara keseluruhan, terdapat 383 juta orang yang melakukan 2,3 miliar interaksi terkait Piala Dunia di Facebook. Adapun negara yang paling 'berisik' membagikan momen menarik di facebook adalah Brasil dan Argentina. Sementara untuk pemain yang paling sering diperbincangkan adalah Neymar.

Caption

Sosial media FIFA diikuti 128 juta pengikut

Tak hanya di facebook, pengikut atau followers FIFA bertamah, tapi juga Instagram, twitter. FIFA mengklaim bahwa selepas Piala Dunia pengikut sosial media mereka berjumlah 128 juta dari seluruh penjuru dunia.

 

Sebanyak 4 juta pelanggan baru di youtube

Yang terakhir yang kena percikan keuntungan adalah akun youtube FIFA. Mereka menyebutkan bahwa selama Piala Dunia 2018 tercatat ada empat juta pelanggan baru. Kini, akun yang memiliki tujuh ribu video itu memiliki pelanggan sebanyak 6,8 juta.