BREAKINGNEWS.CO.ID - PSM Makassar meraih kemenangan besar pada laga kedua Grup H Piala AFC 2019. Menjamu Lao Toyota di Stadion Pakansari, Cibinong, Kab. Bogor, Rabu (13/3/2019), Juku Eja menang dengan skor 7-2. Meski menang telak, PSM Makassar sejatinya sempat kesulitan pada babak pertama.

Membuka keunggulan pada menit ke-12 lewat Wiljan Pluim, Lao sukses membalas dua menit kemudian. melalui gol Kazuo Homma. Bola tendangan striker asal Jepang itu mengenai kaki Aaron Evans dan mengecoh Rivki Mokodompit. PSM kembali unggul di pertandingan ini. Tendangan keras Zulham Zamrun dari dalam kotak penalti tidak bisa diantisipasi Nammakhot sekaligus mengubah skor menjadi 2-1.

PSM sempat mendapat kesempatan emas untuk menambah keunggulan setelah wasit memberikan hadiah penalti. Namun, Marc Klok yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya karena bola tendangannya bisa dibaca Nammakhoth. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, PSM langsung mengambil alih serangan. Hal itu langsung berbuah hasil pada menit ke-59. Wiljan Pluim kembali mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan Zulham dari sektor kiri pertahan Laos, Pluim menerima bola dan sedikit melakukan akselerasi, dari dalam kotak penalti pemain asal Belanda itu dapat menceploskan bola ke gawang Lao melalui tendandngan keras kaki kirinya. Skor berubah 3-1 untuk PSM.

PSM mulai berada di atas angin, tepatnya setelah Eero Markkanen mencetak gol dan mengubah kedudukan menjadi 4-1 pada menit ke-61. Mantan striker Real Madrid itu mencetak gol melalui tandukkannya memandaatkan umpan dari Abdul Rahman. Markkanen kembali mencetak gol pada menit ke-70 melalui ksi cemerlang meneruskan umpan matang dari Bayu Gatra.

Pada menit ke-76, Lao memperkecil kedudukan. Serangan sporadis mereka berbuah gol. Rafael mendapat ruang tembak di tepi kotak penalti PSM lalu menghujam bola dengan keras, mengarah ke pojok kiri gawang Rivky. Namun, PSM kembali menjauh dan mengudah kedudukan menjadi 6-2 setelah Ferdinand Sinaga yang baru memasuki lapangan mencetak gol.

Mengelabui dua pemain, dengan mudah Ferdinand menceploskan bola saat satu lawan satu dengan Outthilath. PSM masih saja belum puas. Gagal menendang penalti, Klok membayarnya dengan gol indah. Tendangan volinya dari luar kotak penalti meluncur deras melewati kiper Outthilath, skor berubah menjadi 7-2.

Ketika pertandingan akan berakhir, Lao mencetak gol penutup. Mereka mendapat momentum melalui aksi Kazuo di depan gawang Rivky dan memanfaatkannya untuk membuat gol hiburan. 7-3. Dengan hasil ini, untuk sementara PSM Makassar menempati urutan kedua Grup H. Pasukan Darije Kalezic itu mengoleksi poin empat dari dua pertandingan. PSM hanya kalah selisih gol dari Kaya yang berada di puncak klasemen.

Susunan Pemain

PSM Makassar (4-2-3-1): Rivki Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Taufik Hidayat; Muhammad Arfan, Marc Klok; Bayu Gatra, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun; Eero Markkanen

Lao Toyota (4-4-1-1): Outthilath Nammakhoth; Saison Khounsamnan, Thipphachanh Inthavong, Ketsada Souksavanh, Sayfa Aphideth; Somsavath Sophabmixay, Manolom Phetphakdy, Victor Amaro, Rafael; Soma Otani; Kazuo Homma