BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam menyambut perhelatan ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia, Asian Games 2018 yang semakin dekat, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi turut aktif untuk mempromosikan even olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Dalam pertemuan pleno antara Menteri Luar Negeri ASEAN di Singapura pada Kamis (2/8/2018), Menlu Retno mengajak para Menlu ASEAN untuk menjadikan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sebagai momentum untuk memupuk persahabatan antara masyarakat dan bangsa-bangsa Asia. "Melaui Asian Games, Indonesia ingin mempromosikan semangat persahabatan dan perdamaian di kawasan", demikian sebut Menlu Retno, dalam rilis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Breakingnews.co.id, Kamis (2/8).

Pada kesempatan tersebut Menlu Retno memberikan tiga maskot Asian Games yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka kepada para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN serta mengajak seluruh para Menlu untuk foto bersama dengan maskot ASIAN Games 2018. Promosi lain secara langsung juga dilakukan Menlu Retno Marsudi pada 1 Agustus 2018 lalu. Ditemani oleh Duta Besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya, Menlu Retno berolahraga pagi di sekitaran Clarke Quay.

Menggunakan jaket Asian Games 2018, Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi (kiri) ditemani oleh Duta Besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya (kanan) berolahraga pagi di sekitaran Clarke Quay, Singapura. (Foto: Dok Instagram Menlu Retno Marsudi).

Menggunakan jaket Asian Games 2018, mantan Dubes RI untuk Norwegia itu pun seperti menjadi etalase berjalan bagi promosi Asian Games. Penyelenggaraan Asian Games 2018 sangat dinantikan. Persiapan mulai dari venue cabang olahraga pun masih terus digenjot.

"Ini perhelatan olah raga terbesar yang dilakukan setelah pertemuan Panmunjom, maka itu marilah kita rekatkan persahabtan dan perdamaian melalui gelaran event olah raga ini," kata Retno di Hotel Mandarin Oriental, Singapura, Rabu (1/8).

Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharsana Perera mengatakan pihaknya membawa 357 atlet yang akan bertanding di Asian Games 2018. Kontingen yang dibawa Sri Lanka disebut-sebut sebagai kontingen terbesar dalam Asian Games 2018. Dubes Perera mengharapkan Indonesia sukses dalam menyelenggarakan perhelatan olahraga empat tahunan tersebut. Menurutnya Pemerintah Indonesia telah sangat baik mempersiapkan Asian Games 2018 ini.