JAKARTA - Sepanjang tahun 2017 banyak terjadi  perceraian di kalangan artis Indonesia. Ada yang sudah lama menikah, ada pula yang baru seumur jagung.

Berikut adalah rangkuman artis yang bercerai sepanjang tahun 2017:

1. Tommy Kurniawan - Tania Nadira

Tommy Kurniawan dan Tania Nadira.

Rumah tangga Tommy Kurniawan dan Tania Nadira yang dibina sejak 11 April 2011 lalu harus berujung pada perceraian. Perceraian antara Tommy dan Nadira diputus Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang pada 29 Maret 2017 lalu. Majelis hakim mengabulkan gugatan cerai yang diajukan Tania secara verstek.

2. Elly Sugigi - Ferry Anggara

 Elly Sugigi dan Ferry Anggara.


Setelah beberapa kali dikabarkan berpisah, rumah tangga Elly Sugigi dan Ferry Anggara yang dibina sejak 6 November 2015 benar-benar berakhir. Selisih usia yang jauh berbeda dalam pernikahan dan sikap Ferry yang masih ingin bebas disinyalir menjadi faktor utama keretakan rumah tangga keduanya. Karena hal itu, Elly Sugigi pun akhirnya mengajukan gugatan cerai terhadap Ferry ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 22 Maret 2017. Sebelumnya diketahui jika sejak awal menikah hubungan Elly dan Ferry ini memang tak direstui oleh putri Elly, Ulfi Damayanti.

3. Chika Waode - Fajri Fauzi

Chika Waode dan Fajri Fauzi.


Chika Waode harus kembali menyandang status janda untuk kedua kalinya. Hal itu karena pernikahan yang dibina bersama Fajri Fauzi sejak 11 Mei 2016 harus berakhir di pengadilan. Tak sampai setahun mengarungi bahtera rumah tangga, 4 Mei 2017 Pengandilan Agama Jakarta Barat mengabulkan permohonan Cerai yang diajukan Chika. Sebelum menikah dengan Fajri, Chika berstatus janda satu anak.

4. Sheila Marcia - Kiki Mirano

Sheila Marcia dan Kiki Mirano.


Sheila Marcia menggugat cerai Kiki Mirano pada 18 Mei 2016 lalu. Setelah persidangan bergulir selama setahun lamanya, majelis hakim akhirnya memutuskan bahwa keduanya resmi bercerai awal Mei 2017. Kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan Kiki menjadi salah satu penyebab pasangan yang menikah pada 24 April 2011 ini harus berujung dengan perceraian.

5. Aming Sugandhi - Evelyn Nada Anjani

Aming Sugandhi dan Evelyn Nada Anjani.


Drama perselisihan rumah tangga Aming Sugandhi dan Evelyn Nada Anjani telah berakhir. Aming - Evelyn resmi bercerai pada 16 Juni 2017 di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Aming diketahui mengajukan permohonan talak cerai pada awal Maret 2017. Retaknya hubungan pernikahan yang mulai dibina pada 4 Juni 2016 ini disebut-sebut karena adanya kekerasan dalam rumah tangga dari pihak Evelyn.

6. Kirana Larasati - Tama Gandjar

Kirana Larasati - Tama Gandjar.


Kirana Larasati dan Tama Gandjar resmi bercerai pada 13 Juli 2017 lalu dengan putusan verstek yang dibacakan di Pengandilan Agama Jakarta Selatan. Cekcok sejak awal pernikahan menjadi alasan utama rumah tangga yang dibina sejak 9 Mei 2015 ini harus kandas. Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai seorang anak bernama Kyo Karura Gantama yang lahir pada 2016.

7. Tiwi eks T2 - Shogo Sakuramoto

Tiwi dan Shogo Sakuramoto.


Rumah tangga Prastiwi Dwiarti atau Tiwi eks T2 dengan seorang pengusaha asal Jepang, Shogo Sakuramoto yang dibina sejak 16 Februari 2013 harus berakhir dengan perceraian. Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang resmi membacakan putusan cerai keduanya pada 2 Agustus 2017. Dari pernikahannya ini, Tiwi dan Shogo dikaruniai seorang putra yang diberi nama Reo Athar Sakuramoto.

8. Tsania Marwa - Atalarik Syach

Tsania Marwa dan Atalarik Syach.


Tsania Marwa dan Atalarik Syach harus merelakan rumah tangga yang telah lima tahun mereka bina berakhir dengan perceraian. Pengadilan Agama Cibinong telah resmi membacakan purusan cerai keduanya pada 15 Agustus 2017. Resmi bercerai, pasangan yang menikah pada 10 Februari 2012 ini nyatanya masih berseteru soal hak asuh anak yang dimenangkan oleh Atalarik. Hingga saat ini, Tsania bahkan mengaku tak bisa menemui kedua anaknya.

9. Caisar - Indadari

Caisar dan Indadari.


Sempat menolak permintaan Caisar mendaftarkan gugatan cerai, Indadari akhirnya menyerah. Indadari diketahui telah mendaftarkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Depok pada 4 September 2017. Rumah tangga yang sudah tidak harmonis lagi diduga menjadi alasan pasangan yang menikah pada 5 April 2014 memutuskan bercerai. Sebelumnya diketahui jika Caisar lebih dulu menjatuhkan talak pada Indadari. Tiga tahun menikah, keduanya dikaruniai seorang anak yang diberi nama Kipsmail Aditya Harnano. Sebelum menikah dengan Caisar, Indadari diketahui juga merupakan mantan istri Lucky Hakim. HIngga kini proses perceraian keduanya masih terus bergulir.

10. Lucky Hakim - Tiara Dewi

Lucky Hakim dan Tiara Dewi.


Rumah tangga Lucky Hakim dan Tiara Dewi yang belum setahun dibina harus berakhir. 9 September 2017 mereka resmi bercerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Majelis Hakim mengabulkan permohonan cerai Lucky dengan mengeluarkan putusan verstek. Di tengah kabar perceraian bahkan sempat berhembus jika pernikahan yang dilangsungkan antara Lucky dan tiara pada 19 Januari 2017 itu hanyalah sekedar pernikahan kontrak. Sebelumnya diketahui jika saat menikah dengan Tiara Dewi, Lucky Hakim telah berstatus duda setelah bercerai dengan Indadari.

11. Aldi Taher - Georgia Aisyah

Rumah tangga Aldi Taher dan Georgia Aisyah yang baru tiga tahun dibina terancam kandas. Pasalnya, 20 Oktober 2017 lalu, Georgia mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Ketidakcocokan disebut-sebut menjadi alasan rumah yang telah dibina sejak 25 Oktober 2014 tak bisa dipertahankan lagi. Hingga saat ini proses perceraian Aldi dan Georgia masih terus berlangsuung, keduanya pun mengaku sudah ikhlas jika memang harus bercerai.

12. Nafa Urbach - Zack Lee

Sepuluh tahun menikah, biduk rumah tangga Nafa Urbach dan Zack Lee harus berakhir dengan perceraian. 23 Oktober 2017 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya membacakan putusan cerai keduanya. Seringnya terjadi cekcok di antara Nafa dan Zack digadang-gadang menjadi penyebab keduanya memutuskan pisah. Dari pernikahan yang dibina sejak 16 Februari 2007, Nafa dan Zack dikaruniai seorang anak perempuan bernama Mikhaela Lee Jowono.

13. Ustadz Al Habsyi - Putri Aisyah

Rumah tangga ustadz Al Habsyi dan Putri Aisyah Aminah yang dibangun sejak ‎13 Agustus 2006 tak dapat dipertahankan lagi. 15 November 2017 Pengadilan Agama Jakarta Timur resmi membacakan putusan cerai keduanya. Kisruh rumah tangga Al Habsyi dengan Putri Aisyah Aminah dipicu lantaran isu poligami. Putri menuding Al Habsyi melakukan poligami secara diam-diam dengan Yuyun Wahyuni.

14. Gracia Indri - David NOAH

Rumah tangga Gracia Indri dan David NOAH yang dibina sejak 28 Desember 2014 terancam berakhir dengan perceraian. Pasalnya, Gracia diketahui melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Bandung pada 4 Juli 2017. Kekerasan dalam rumah tangga dituding jadi penyebab utama Gracia mengajukan cerai. Sempat melayangkan guagatan cerai di Pengadilan Negeri Bandung, nyatanya permohonana Gracia sempat dibatalkan, hal itu lantaran surat yang diberikan untuk pihak David salah alamat. Tetap pada keputusannya untuk berpisah, Gracia pun kembali mendaftarkan gugatan perceraiannya ke Pengadilan Negeri Bale Bandung pada 30 November. Hingga saat ini, proses perceraian Gracia dan David masih terus berlangsung.