BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, melakukan penertiban terhadap reklame yang terletak disepanjang Jalan Gatot Subroto sampai MT Haryono, Senin (14/1/2019). Penertiban itu disaksikan langsung oleh Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertahanan (Sudin Cipta) Jakarta Selatan Syukria.

Plt Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan H Mamur mengatakan kegiatan tersebut dilakukan guna menindaklanjuti surat tembusan dari Dinas Citata Provinsi DKI Jakarta terkait penertiban reklame khususnya disepanjang jalan MT Haryono.

“Ada 49 reklame yang akan ditertibkan, 48 berada di Jalan Gatot Subroto hingga MT Haryono, sedangkan sisanya di Jalan Sisingamangaraja. Mudah-mudahan hingga batas target yang sudah ditentukan bisa tercapai," Mamur melalui keterangan tertulis, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Sementara itu Kasudin Citata Jakarta Selatan Syukria, mengungkap ada sekitar 80 reklame yang tersebar di Jakarta Selatan tengah dipantau ketat oleh pihaknya. Namun ada sebagian pemasang iklan secara inisiatif mencopot reklame itu sebelum dibongkar paksa.

“Sepanjang Semanggi hingga MT Haryono ada beberapa yang telah membongkar reklame secara mandiri," tutur dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengidentifikasi 295 titik reklame yang ditandai sebagai kendali secara ketat. Dari 295 titik reklame, hanya lima titik reklame yang tidak melakukan pelanggaran secara hukum.

Sedangkan, dari 290 titik reklame lainnya yang berpotensi melanggar ada kisaran 237 dan masih ditindaklanjuti sedangkan 43 titik reklame sudah dilakukan upaya persuasi hingga penegakan hukum dengan pembongkaran.

Keseluruhan titik reklame tersebut difokuskan pada jalan protokol Ibu Kota, seperti Jalan Gatot Subroto, Sudirman-Thamrin, S. Parman, maupun Rasuna Said.