BREAKINGNEWS.CO.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia 98 (Jari 98), Ferry Supriadi, mendukung Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin sebagai calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun Irjen Ike Edwin telah mendaftarkan diri ke Pansel Capim KPK pada hari ini.

"Jari 98 mendukung penuh Bapak Irjen Ike Edwin sebagai calon KPK. Beliau layak dan tepat jadi pimpinan KPK," kata Ferry kepada wartawan, Kamis (4/7/2019).

Ferry menuturkan, Irjen Ike Edwin layak lantaran faham betul terkait alur bidang hukum, ekonomi, keuangan atau perbankan. Lalu tak pernah melakukan perbuatan tercela. Cakap, jujur, memiliki integritas moral yang tinggi dan memiliki reputasi yang baik.

"Irjen Ike Edwin menjadi Ketua KPK dan memiliki rekam jejak yang mumpuni, sukses ungkap kasus Gayus Tambunan dan selamatkan keuangan negara sebesar Rp350 miliar," tuturnya.

Menurut Ferry, unsur integritas menjadi bagian yang turut diuji guna mendapatkan rekomendasi dari Polri melenggang jadi capim KPK dan Irjen Ike Edwin telah mengikuti tahapan tersebut. Mulai dari poses seleksi internal Polri ini, yang dilakukan oleh Biro Pembinaan Karier (Binkar) SDM Mabes Polri.

"Perwira yang ikut seleksi diharuskan mengikuti computer based test yang terdiri dari unsur tes potensi akademik, psikologi, dan sikap kerja. Selanjutnya, peserta kemudian diwajibkan membuat esai tentang pemberantasan korupsi. Irjen Ike Edwin telah melewati semuanya itu," pungkasnya.