California--Seorang pengemudi taksi Uber di California terpaksa harus melewati tangga pada Minggu (1/4/2018). Ia harus mengemudi mobilnya melewati jalanan yang "tidak biasa"  seperti diperintahkan kepadanya. Hal ini disebabkan sistem navigasi dalam aplikasi berbagi-tumpangan itu memang memerintahkannya mengambil jalan tersebut.

Sopir, yang hanya diidentifikasi sebagai Fred oleh Business Insider, dilaporkan mengendarai dua penumpang melalui San Francisco, dalam perjalanan untuk mengambil penumpang ketiga, ketika dia melakukan belokan yang salah sebelum jam 1:30 siang.

Fred, yang dilaporkan sudah menjadi pengemudi Uber selama kurang dari setahun, mengatakan kepada media bahwa navigasi Uber menginstruksikannya untuk menuruni tangga di luar trotoar pejalan kaki dekat supermarket Safeway. Hal itu membuat mobilnya terjebak dan tidak bisa bergerak. 

Seorang pengemudi truk derek berusaha untuk mengeluarkan Toyota Camry putih dari tangga sekitar pukul 15.00 sore, tetapi kabel yang menghubungkan mobil ke truk derek tersentak dan putus, sehingga membuat mobil Uber itu meluncur ke depan menabrak tong sampah kota.

Laporan menunjukkan tidak ada yang terluka dalam insiden itu, dan tidak secara jelas apakah pengemudi Uber tersebut juga sudah dimintai keterangan karena kesalahan navigasi itu. Pasalnya jenis kesalahan seperti ini sangat tidak lazim karena peta navigas Uber biasanya dapat membedakan jalanan yang bisa dilalui mobil dan yang tidak bisa dilalui.